TIPS BELANJA UANG THR

Oleh : Jaiman Paiton

Sponsored by : www.topspeedhelmet.com

Sudah terima THR? Wow, pasti menyenangkan menerima uang THR. Bisa buat beli baju lebaran, kue lebaran, ang pau keponakan dan untuk keperluan lainnya. O ya, tahukah anda, bahwa anda perlu berhati-hati mengelola uang THR supaya bermanfaat maksimal. Bagaimana caranya?

Mari kita lanjutkan diskusi kita.

  • Pertama, pastikan anda mengetahui jumlah THR yang akan anda terima. Artinya anda memahami persis besaran nominal nya. Satu juta, dua juta, lima juta dan seterusnya. Kalau tidak tahu persis anda mungkin bisa menggunakan data tahun sebelumnya. Di beberapa perusahaan besaran nominal THR tergantung dari besarnya gaji dan masa kerja. Semakin lama masa kerja semakin besar pula jumlah THR nya.
  • Kedua, pisahkan antara pengeluaran rutin bulanan dengan pengeluaran tahunan. Hal ini penting untuk mengetahui mana yang akan dianggarkan dari gaji bulanan dan mana yang dianggarkan dari THR. Prinsipnya penghasilan bulanan untuk belanja bulanan dan penghasilan tahunan untuk pengeluaran tahunan.
  • Ketiga, Pengeluaran THR diprioritaskan untuk pengeluaran yang sifatnya tahunan dan berkaitan dengan lebaran. Misalnya, bayar zakat, bayar THR pembantu, tiket mudik, kue lebaran dan baju lebaran. Sedangkan pengeluaran dapur rutin bulanan tetap dari gaji.
  • Keempat, jangan tergoda menggunakan THR diluar kemampuan. Banyak orang tergoda dengan discount lebaran sehingga pengeluaran bulan tersebut membengkak melebihi uang THR yang diterima, akibatnya muncul untang baru yang akan membebani gaji bulanan.

Mudahkan ! Silahkan dicoba.

Kawan, kalau anda akan melakukan perjalanan mudik, pastikan perjalanan anda aman, so rencanakan sebaik-baiknya terutama kendaraan anda.

Selamat idul fitri 1431H

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: