KEBAJIKAN ADALAH AMAL SHOLEH

Oleh : http://www.topspeedhelmet.com

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa (QS,2:177)

Saya membuka diskusi kali ini dengan sebuah intisari dari Firman Allah Swt. Kalau boleh saya membuat penafsiran bebas, intisari dari firman ini adalah pernyataan Tuhan,  bahwa kesejatian orang yang baik bukan dilihat dari ketekunannya melaksanakan sholat, melainkan amal ibadah yang menjadi tolak ukur apakah seseorang dikatakan baik atau belum. Ada kalanya seseorang sangat tekun sholat tetapi pelit terhadap tetangga, suka berkata kasar, mengingkari janji, menyebarkan  fitnah, membentak anak yatin, tidak bersedekah dan seterusnya. Kalau ini yang terjadi, maka Tuhan yang akan membalasnya.

Masih menarik mendiskusikan kata ’menghadapkan wajahmu ke barat dan ke timur’. Sahabatku, makna Firman Allah ini cukup jelas, bahwa yang dimaksud Tuhan ”menghadapkan wajah ke barat dan ke timur” adalah kata ganti sholat. Orang yang melaksanakan sholat wajib menghadap ke kiblat. Orang yang bertempat tinggal di sebelah barat Makkah, misalnya Afrika, Eropa dan Amerika, kalau sholat menghadap ke timur yaitu ka’bah. Sedangkan orang yang posisinya di sebelak timur Makkah akan menghadap ke barat, seperti negara-negaea di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Sangat hebat apabila anda sholat dengan tekun, apalagi tepat waktu dan berjamaah. Amalan ini adalah ideal sebagaimana dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW. Allah juga menjanjikan pahaka  berlipat-lipat bagi yang menjalankan secara jamaah, tetapi ingat Islam bukan hanya sholat. Islam lebih luas dan mencakup segala aspek hidup manusia. Islam mengatur manusia cara hidup yang baik dan benar. Islam mengatur hubungan dengan Sang Pencipta dengan harmonis. Oleh sebab itu diwajibkan kepada manusia untuk bekerja keras untuk mengejar materi dunia. Ingat mengejar harta dunia wajib hukumnya supaya manusia bisa menjalankan tugas dan fungsinya memakmurkan dunia dan alam semesta.

Good luck….

Jaiman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: