HELM SNI

oleh : Jaiman

http://topspeedhelmet.com/

Nah, ini ide yang bagus. Bagaimana cara memilih helm SNI asli? SNI asli bukan ASPAL. Mengapa saya tekankan bahwa helm SNI asli? Karena pemahaman masyarakat saat ini sering kabur. Lho, nanti ujung-ujungnya mahal? Helm SNI tidak harus mahal. Ini yang perlu ditegaskan kembali, bahwa helm SNI yang ori tidak harus mahal, tetapi juga bukan asal SNI.

Di pasaran, saya pernah menjumpai helm bertimbul SNI, harganya sangat murah Rp. 60 ribu aja. Dari tekstur fisiknya kentara sekali bahwa kualitas helm ini diragukan, walaupun di batoknya tertulis logo SNI timbul. Sangat ringkih dan tidak layak pakai, nyaris seperti pake helm cetok.

Lantas bagaimana ciri helm SNI asli?

Pertama, penampilan fisik. Helm yang SNI layak berpenampilan wajar dan kuat. Batoknya dari bahan ABS, bukan plastik daur ulang. Kalau dari plastik daur ulang berarti sama dengan ember. Kalau jatuh pasti pecah. Memang agak sulit mengenali bahan batoknya, tetapi dengan meraba bagian dalam batok, lalu mengamati ebih seksama pasti anda bisa mengetahui apakah bahan ABS atau daur ulang.

Kedua, Gabus dalahnya harus tebal dan keras. Gabus dalam menjadi pelindung yang sangat  penting untuk kepala anda. Kalau terjadi kecelakaan, kepada anda terlindungi oleh gabus tersebut. Gabus yang lembek akan pecah. Oleh sebab itu pastikan bahwa gabus dalam helm yang anda beli kuat dan keras. Cara ngetesnya, tekan dengan ibu jari, apakah keras atau lembek.

Ketiga, lulus uji SNI oleh Badan Standar Nasional. Bagaimana cara mengetahuinya? Cari informasi dari media internet atau bacaan referensi lain yang terpercaya. Mudah kan?

Keempat, ini adalah beberapa jenis merk helm SNI asli, KYT, INK, MDS, BMC, HIU, Tsunami.

Selamat mencoba.

Salam

http://topspeedhelmet.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: