BISNIS DAN SEDEKAH

oleh : Jaiman

Sabtu dan minggu bersama keluarga. Inilah saat paling menyenangkan bagi kita. Bermain dan bercengkerama dengan si buah hati adalah momen yang paling berharga. Sedemikian berartinya momen ini, tidak ada materi lain yang bisa disandingkan dengan kebersamaan dengan keluarga.

Sebuah tantangan muncul silih berganti antara menemani keluarga dengan bisnis. Aku ingin memanfaatkan momen luang ini untuk bisnis yang menjanjikan sejumlah nilai rupiah dan ikhtiar untuk membantu sesama. Sorry…., agak religius. Kayak ceramah subuh Mas…

Seorang teman mengatakan “Bisnis tidak hanya menggiurkan karena sejumlah nilai uang, tapi bisnis akan membantu sejumlah orang yang ada di sekeliling kita. Bayangkan kalau ada lima orang yang bekerja kepada anda, kemudian masing-masing dari mereka memiliki keluarga, istri dan satu anak. Ini berarti anda sudah membantu lima belas orang. Anda sudah meringankan beban hidup lima belas jiwa, bukankah ini luar biasa?”

Saya berpikir lagi, “Aku kira pendapat teman saya benar. Dengan membuka bisnis saya bisa membantu orang lain. Bukan hanya itu, apabila kelima keluarga tadi bisa bersedekah dan membantu tetangganya, bukankah aku patut bersyukur?. Kalau kemudian anak-anak mereka bisa menempuh pendidikan sampai ke jenjang ideal, tentu aku juga patut bersyukur”. Akhirnya kuputuskan aku hendak membuka bisnis dengan tujuan yang lebih mulia daripada hanya pundi-pundi rupiah.

Tinggalkan Balasan

