TIGA RESEP SUKSES DARI MBAH MO PENDIRI BAKMI PAK MAN JOGJA

oleh : Jaiman topspeedhelmet

Saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari Mbah Mo, salah satu senior suhu entrepreneur EU Kamis 17 Maret 2011 di Paiton. Ini pesan-pesan Mbak Mo.

Supaya bisnis anda sukses dan langgeng, cobalah tiga resep dari Mbah Mo

Pertama, kualitas. Apapun produk yang anda jual harus berkualitas. Kalau anda menjual pangsit mie, pastikan bahwa rasanya enak. Pangsit yang anda jual harus bercita rasa tinggi bagi siapapun yang memakannya. Dari mana anda tahu kalau pangsit mie anda enak? Pembeli. Anda tidak berhak mengatakan pangsit mie anda enak, karena anda bisa berbohong. Yang berhak menilai adalah pembeli. Pengakuan enak tidaknya makanan anda harus dikatakan langsung oleh pelanggan anda anda, tetapi yang lebih penting adalah repeat order. Percuma dia mengatakan enak kalau tidak kembali lagi, percuma mengatakan enak kalau tidak bercerita kepada temannya. Jadi keabsahan kualitas dagangan anda dinilai oleh pembeli.

Kedua, pelayanan. Boleh jadi pangsit mie yang anda jual sangat enak. Semua orang mengakui bahwa pangsit mie anda super enak. Apakah hal ini sudah cukup? Belum. Pelanggan anda buka robot. Pelanggan anda adalah manusia yang berperasaan. Apabila anda menyambut dengan ucapan kasar, muka masam mereka pasti tersinggung. Orang yang marah tidak bisa merasakan masakan enak. Orang yang hatinya makan pangsit mie terasa hambar. Kalau sudah begitu pasti dia membuat black campaign. Kalau sudah demikian matilah anda.

Ketiga, jaringan. Kita ditakdirkan hidup berkomunitas. Di dalam komunitas ada beragam karakter, beragam status sosial, beragam kegemaran. Kalau anda ingin mempunyai pelanggan banyak masuklah dalam komunitas mereka. Kalau pelanggan anda seorang pejabat pemerintahan, anda harus bisa menyesuaikan. Kalau pelanggan anda seorang dokter, anda juga perlu memahami aktivitasnya. Jadi anda pelu memahami karakter spesifikas masing-masing palanggan. http://www.topspeedhelmet.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: