TUHAN YANG MENGATUR REJEKI

Oleh : Jaiman

Apakah anda percaya pada kekuatan Tangan Tuhan (invisible hand)? Bolah anda percaya atau tidak, no prolemo. Yang ingin saya garis bawahi di sini bahwa invisible hand itu ada. Tangan Tuhan ada dan Nyata. Benarkah? Begini sobat. Saya hendak paparkan kepada anda sebuah pengalaman pribadi. Jujur, pengalaman ini sangat unik dan saya yakin diantara anda juga mengakaminya.
Dengarkan cerita saya. Saya seorang pedagang, menjual minumal es teh yang didisplay di area parkir Indomaret mini market. Outlet saya buka mulai jam 16;00 sore sampai jam 22;00 malam. Sejatinya bisnis minuman sangat dipengaruhi oleh cuaca. Apabila cuaca panas, otomatis penjualannya menjadi ramai karena banyak orang kepanasan dan gerah ingin minum. Sebaliknya pada saat cuaca dingin, penjualan menjadi seret. Logis, bukan. Ya, inilah logika kita, dan anda pasti sepakat.
Benarkah demikian adanya? Ternyata tidak. Menurut logika kita, pada saat cuaca panas penjualan saya bagus tetapi kenyataanya penjualan pada hari itu biasa-biasa saja, bahkan tidak menggembirakan. Pada hari yang lain, cuaca terasa dingin, maklum mulai pagi hujan turun cukup deras hingga jam tiga sore. Mulai awal buka outlet perasaan saya ciut. “Wah jangan jangan penjualan hari ini seret, udara dingin banget”. Diluar nalar, ternyata hari itu penjualan sangat bagus. Bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu penjualan yang paling menggembirakan. Heran…
Ini kenyataan. Saya tidak bisa memungkiri, ternyata invisible hand berkuatan dasyat yang mampu merubah logika manusia di luar batar nalarnya. Inilah buktinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: