SABAR DAN BERSYUKUR

Oleh : Jaiman Paiton

Apa korelasinya antara sabar dan bersyukur? Sobat, adalah orang yang bersyukur selalu berpikiran positif terhadap apa yang dialami. Seseorang yang bersyukur selalu memikirkan bahwa apa yang dia alami selalu ada sisi baik. Di sinilah seseorang akan memetik pelajaran yang berharga bertajuk hikmah. Bahkan orang yang bersyukur memikirkan kemanfaatan untuk long term. Tidak cukup hanya melihat dampak yang terjadi pada saat ini.

Contoh paling gamblang adalah pada kasus pembuangan sampah. Orang yang bersyukur akan melakukan pengelolahan terhadap sampah dengan baik. Memang benar ada biaya yang harus dikeluarkan, memang benar harus diluangkan waktu untuk mengurusnya, tetapi itu adalah cara paling bijaksana. Ini yang saya maksud dengan perilaku bersyukur.

Coba anda berdiam sejenak, renungkan sesaat. Coba anda ingat kembali kejadian dalam satu dua hari terakhir. Anda bertemu dengan siapa saja? Di bawah traffic light anda menjumpai anak-anak pengamen, atau pengemis. Dalam perjalanan ke kantor anda bertemu dengan kolega bisnis baru yang hangat dan menyenangkan. Mungkin ada saat anda ber FB atau tweeter ketemu dengan kawan SMA yang sangat lama tidak pernah ketemu dan seterusnya.

Kalau anda lebih jeli, pasti mendapatkan hikmah dari semua peristiwa ini, pasti anda akan mendapatkan. Kuncinya ada pada diri anda. Coba anda rehat sesaat dan melayangakn pikiran anda beberapa jam lalu. Kejadian paling hebat apa yang anda alami? Hikmah apa yang anda dapatkan? Dapatkan hikmah dengan sabat dan syukur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: