TIPS MENGATASI KEBOSANAN KERJA

Oleh : Jaiman Paiton

http://www.topspeedhelmet.com

Sudah sunatullahnya bahwa kondisi hidup dunia mengalami fluktuasi naik dan turun. Suatu saat anda menapaki kondisi naik, semakin lama anda merasakan kenikmatan meninggi sampai pada suatu saat delta kenaikannya makin menurun hingga mencapai titik nol. Setalah kondisi puncak itu anda capai, kondisi selanjutnya adalah menurun. Tidak ada bedanya ke depan atau belakang keduanya sama-sama menurun. Langkah ke depan menurun ke belakng juga demikian hingga anda sendiri yang berhak memutuskan ke mana langkah anda berikutnya.

Adalah kejenuhan hidup anda juga sunatullah. Bagi anda para pegawai, andakah jenenuhan meliputi anda di tempat kerja? Pasti. Semua orang mengalaminya. Masuk kerja yang pernah kita impikan sejak memejamkan mata, kini menjadi mimpi buruh yang ingin anda hindari sejau-jauhnya. Datangnya pagi hari yang cerah bukan lagi kesejukan ala embun pagi, melainkan kenyataan bahwa realitas hidup memeng berputar naik dan turun.

Apa yang anda lakukan? Mungkin diantara anda ada yang menghilangkan rasa bosan dengan curhat dengan teman, pergi jauh ke tempat yang relaks, cuti seminggu sambil menyegarkan pikiran di tempat yang sepi dan seterusnya. Intinya anda memiliki solusi ala “gue banget” yang paling cokok.

Ini ada tips menghadapi kebosanan di tempat kerja,

  1. pahami dengan seksama, apakah kebosanan ini adalah temporary atau permanen. Dengan mengenali tipe kebosanan anda akan mudah mencarikan solusi sesuai dengan karakternnya.
  2. kebosanan temporary biasanya disebabkan oleh perubahan kapasitas kerja, misalnya load pekerjaan tinggi karena target. Kebosanan temporer juga bisa disebabkan oleh kondisi eksternal yang menyebabkan pekerjaan mengalami kendala, misalnya jalan macet. Apa yang harus anda lakukan. Berbagilah dengan orang lain, keluarga dan teman. Anda juga bisa menuangkan dalam bentuk tulisan di blog dan media lain. Saat ini media berbagi sangat mudah, ada facebook, blog, twitter, sms dan seterusnya.
  3. kebosanan permanen. Kebosanan permanen muncul dalam jangka panjang. Penyebabnya adalah kondisi internal pribadi masing-masing orang. Kebosanan ini disebabkan oleh nature pekerjaan dan atmosfir tempat kerja pada umumnya. Kalau anda menempati suatu posisi tertentu dalam jangka waktu 10 tahun tanpa ada promosi dan job rotasi pasti mengalami kebosanan mencapai puncak ubun-ubun. Ada kalanya seseorang mengalami kebosanan permanen karena dorongan dari dalam untuk mencari profesi lain yang sangat diinginkan. Mungkin setelah 15 tahun menjadi pegawai anda ingin mengembangkan bisnis sendiri. Jalan terbaik bagi anda yang mengalami hal ini adalah, mengalihkan mindset baru dengan profesi baru.
  4. pikirkan dengan hati-hati keputusan yang anda ambil. Jangan melakukan keputusan emosional atau balas dendam. Cara seperti ini kontra produktif. Lakukan pendekatan yang baik dengan kolega dan atasan bahwa anda berniat memutuskan jalan lain yang lebih baik untuk keluarga dalam jangka panjang.

Akhirnya saya menegaskan kembali bahwa kebanyakan yang anda pikirkan adalah kondisi saat ini, sedangkan masa depan berada di luar jangkauan akal manusia.

Selamat mencoba.

Salam hangat

Jaiman

www.topspeedhelmet.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: