KEBAYANG KAN KALO MAU JADI PEBISNIS

Oleh :Jaiman Paiton

www.topspeedhelmet.com. Kapan anda mulai berbisnis mandiri? Sobat, pertanyaan ini menarik untuk dibahas. Bahkan tema ini sangat menghangat bagi anda yang merasakan kejenuhan menjadi pekerja. Sekian puluh tahun menjadi pekerja, pindah perusahaan dan gonta-ganti posisi tidak membuat anda nyaman. Ditambah lagi dengan tayangan teve yang memberikan ispirasi bisnis jitu setiap saat. Pikiran anda makin yakin, bahwa anda akan meninggalkan predikat sebagai orang gajian.

Benarkah anda sudah siap? Tunggu dulu. Jujur saya masih ragu. Ada semacam kegamangan yang timbul tenggelam bertubi-tubi di benak saya. Membisikkan keraguan. “Ya kalau bisnisnya jalan kalau mandeg gimana?”. Bukan hanya itu, anda giat mencari peluang usaha dari kolega dan internet. Dengan konsetrasi penuh anda duduk di depan komputer sambil menyusun proposal business plan paling yahut. Hasilnya, deal. Anda putuskan merintis bisnis sambil tetap sebagai pegawai. Sudah cukup? Ternyata belum, ada setitik kegamangan yang melintas di benak anda.

Itulah yang umum kita hadapi. Kegamangan menjadi faktor penghambat utama. Keputusan bisnis yang telah anda ambil dengan segala pertimbangan dan hitung-hitungan njlimet bubar. Masih harus kerja keras, kasat mata anda masih membutuhkan faktor pendukung. anda membutuhkan modal, pemilihan lokasi dan tenaga kerja. Tiga hal yang menjadi batu sandungan terbesar. Mencari lokasi bukan pekerjaan mudah, apalabi kalau anda harus menyewa dan tarifnya cukup mahal. Apa bisa ya biaya ini dibayar dari hasil berjualan? Financial forcast menunjukkan bahwa bisnis ini hanya kan untuk apabila target penjualan mencapai 100 psc per hari, dan kalau tidak tercapai, siap-siap gulung tikar.

Bagaimana dengan tenaga kerja? Konon tingkat pengangguran di tanah air ini mencapai 10%. Dengan asumsi ini anda yakin bahwa ketersediaan tenaga kerja tidak mengalami kendala. Ternyata apa kenyataannya. Untuk mendapatkan seorang pegawai baru saja saya membutuhkan waktu seminnggu. Dengan waktu seperti ini saya mengabaikan persyaratan ideal untuk posisi yang saya tawarkan. Kebayang kan bagaimana tantangan seorang pebisnis pemula?

Salam hangat

www.topspeedhelmet.com

Satu Tanggapan

  1. ok siap ndan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: