PERGILAH KE MASJID DENGAN TENANG

Oleh : Jaiman

“Dari Abu Qatadah, ia berkata : Tatkala kami sedang shalat bersama Nabi SAW, tiba-tiba beliau mendengar suara berisik orang-orang . Maka ketika Nabi telah selesai shalat, ia bertanya : “Ada apa urusan kamu tadi ?”. Mereka menjawab : “Kami terburu-buru untuk turut “, Nabi SAW berkata : “Janganlah kamu berbuat begitu !. Apabila kamu mendatangi shalat, hendaklah kamu berlaku tenang ! Apa yang kamu dapatkan , maka shalatlah kamu dan apa yang kamu ketinggalan, sempurnakanlah !” Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut riwayat Bukhari

“Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW beliau bersabda : “Apabila kamu mendengar iqamat, maka pergilah kamu ke tempat shalat itu, dan kamu haruslah berlaku tenang dan bersikap sopan/terhormat, dan janganlah kamu tergesa-gesa, apa yang kamu dapatkan , maka shalatlah kamu dan apa yang kamu ketinggalan sempurnakanlah”

Dari hadist di atas dapat kita sarikan beberapa hikmhk yang diajarkan oleh nabi SAW sbb:

  1. Kita diperintah berlaku tenang dan bersikap sopan/terhormat apabila mendatangi tempat shalat/masjid.
  2. Kita dilarang tergesa-gesa/terburu-buru apabila mendatangi tempat shalat, seperti berlari-lari, meskipun iqamat telah dikumandangkan.
  3. Kita dilarang berisik apabila sampai di tempat shalat, sedang shalat telah didirikan. Ini dapat mengganggu orang-orang yang sedang shalat jama’ah.
  4. Imam masjid perlu menegur kepada para jama’ah yang kelakuannya tidak sopan di masjid, seperti berisik, mengganggu orang shalat, melewati orang yang sedang shalat, shaf tidak lurus, berdzikir dengan suara keras, yang dapat mengganggu orang yang sedang shalat dan lain-lain.
  5. Apa yang kita dapatkan dari shalatnya Imam, maka hendaklah langsung kita shalat sebagaimana keadaan shalat Imam waktu itu.
  6. Setelah Imam selesai memberi salam ke kanan dan ke kiri, barulah kita sempurnakan apa-apa yang ketinggalan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: