GAYUS TAMBUNAN HANYA WAYANG

Oleh : Jaiman Paiton

Menanggapi kasus penggelapan pajak versi Gayus Tambunan memang sangat menarik, apalagi kasusnya sedang disorot besar-besaran oleh semua media massa.

Seorang pegawai Dirjen Pajak  golongan IIIA menyimpan pundi uang di rekening bank Rp.28 miliar, rumah dan mobil mewah. Siapapun anda pasti terheran. Berapa sih gaji PNS golongan IIIA? Paling banter sekitar 5 jutaan, bagaimana mungkin bisa membeli rumah mewar berharga miliaran rupiah.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pegawai pajak umumnya kaya, lebih enak dari pada PNS lain. Istilah yang umum digunakan oleh masyarakat umum kantor pajak sebagai “tempat basah”.

Supaya paparan saya ini berbobot seharusnya disertai dengan data empiris. Disertai dengan penelitian atau laporan dari lembaga terpercaya. Misalnya kalau saya menulis bahwa pegawai di lingkungan Drtjen Pajak lebih besar penghasilannnya dibandingkan dengan PNS lain. Apakah pernah ada penelitian akademis yang menyimpulkan bahwa kemakmuran pegawai pajak lebih “basah” daripada pegawai departemen lain. Apakah kalau saya hanya menggunakan data rumahnya mewah, mobilnya lebih dari satu, tanahnya tersebar di beberapa tempat dan seterusnya sudah cukup?. Apa yang saya lihat bisa jadi data akurat? Siapa tahu rumah mewahnya warisan dari orang tuanya, atau mobil mewahnya pinjaman dari saudaranya. Atau mungkin rumah mewahnya adalah hibah dari orang tua seperti yang dimiliki mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo. Oleh sebab itu kalau saya mmaparkan sesuatu tidak didukung data empiris bisa dituduh pencemaran nama baik atau fitnah.

Bagaimana dengan kasus Gayus Tambunan? Kalau disimak dengan seksama besaran rekening Gayus memang sangat tidak wajar. Lebih kuat lagi dugaan penyelewengan pajak karena Gayus melarikan diri ke luar negeri. Apakah benar dugaan masyarakat 

2 Tanggapan

  1. .. terus gimana nih..
    sepertinya ada yang belum tertulis..😉

  2. gayus tambunan emang gak ada matinya ya.
    semakin terkenal nih orang. ditambah lagi dibuatin lagu sama mantan napi yang sudah tobat.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: