RASULULLAH SAW MENGULANGI 3 KALI

Oleh : Jaiman Paiton

Kawan, ada kalanya orang lain tidak memahami apa yang anda ucapkan. Anda sudah berusaha sebaik-baiknya untuk menjelaskan, tapi dia belum mudeng juga. Kemudian anda lakukan lagi dua kali, tiga kali, setelah itu dia paham. Wajar saja, begitulah yang kadang terjadi dalam berkomunikasi, bisa jadi orang lain sulit memahami maksud ucapan anda.

Sebaliknya, pada kesempatan yang lain anda yang tidak bisa memahami maksud pembicaraan orang lain. Anda sudah berusaha konsentrasi maksimal, tetapi tetap saja, anda tidak memahami maksudnya.

Jangan remehkan teknik berkomunikasi kawan. Seseorang yang keliru memahami suatu informasi bisa menyebabkan bencana. Hal seperti itulah yang dipahami oleh Rasulullah Muhammad SAW. Rasuluillah SAW punya trik dalam menyapaikan pesan dan nasehatnya kepada para sahabat. Rasul mengetahui pasti apakah mereka memahami pesannya atau tidak. Oleh sebab itu, rasul terbiasa mengulang-ulang ucapannya sampai para sahabat memahami benar apa yang Beliau SAW maksudkan. Kiat apa yang dilakukan rasul supaya para sahabat mengerti pesan beliau?

“Nabi bersabda, “Hindarilah perkataan yang keji” dan nabi masih mengulanginya sampai tiga kali. Ibnu Umar berkata, Nabi SAW bersabda “ Apakah aku sudah menyampaikan?”. Nabi mengatakannya tiga kali.(HR Bukhari)

Dari Anas ra, bahwasannya Nabi SAW, “Sesungguhnya Nabi SAW, apabila Beliau mengucapkan satu patah kata, diulangnya sampai tiga kali sehingga orang mengerti maksudnya. Apabila Nabi datang kepada suatu kaum, beliau memberi salam kepada mereka sampai tiga kali. (HR Bukhari).

Anda Paham Dengan Maksud Saya?

Sobat, pesan yang disampaikan oleh nabi SAW tersebut sangat jelas. Rasul SAW tahu persis bahwa memahami pesan seseorang kadang kala menghadapi kendala. Dalam sutu kelompok orang ada yang paham ada yang tidak, maka rasul mengulangi pesannya sampai mereka semua paham. Bagaimana dengan anda?

Mari kita petik hikmah yang tersirat dari hadist di atas.

  1. Pertama, Nabi SAW biasa mengulangi pesannya kepada para sahabat sampai tiga kali. Ini bertujuan supaya semua orang yang diberikan nasehat paham dengan sebenar-benarnya. Bisa jadi pada saat rasul memberikan nasehat ada orang-orang tertentu dengan tingkat kecerdasan lebih rendah dari orang kebanyakan. Dengan mengulang sampai tiga kali diharapkan semua orang yang mendengar paham seratus persen.
  2. Kedua, sebagai contoh kepada umatnya. Nabi SAW melakukan ini supaya dicontoh oleh sahabat dan kita semua sebagai umatnya. Alangkah baiknya jika kita semua mencontoh beliau SAW, yaitu mengulang sampai tiga kali dalam memberikan pesan dan nasehat. Jangan segan mengulang perkataan anda kepada orang lain sekiranya mereka belum paham.
  3. Ketiga, nabi SAW paham kemampuan intelektual orang yang diajak bicara. Kalau sekiranya pesan anda relatif sederhana dan bisa dipahami dengan mudah, tentu tidak masalah apabila hanya anda sampaikan sekali saja. Tetapi kalau sekiranya informasi tersebut cukup rumit, tentu akan lebih afdhol apabila anda ulangi sampai mereka paham sebenar-benarnya paham. Sebelum mereka pergi tanyakan sekali lagi “Apakah anda paham dengan pesan saya?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: