MELIHAT

Oleh : Jaiman Paiton

Apa yang anda rasakan pada saat melihat indahnya laut yang membiru, sawah menghijau, gunung menjulang tinggi, dan langit malam bertabur dengan bintang-gemintang?

Pasti indah sekali. Kawan, semua panorama ini membuat hati anda takjub menikmati keindahan-keindahan semesta alam. Tanpa terasa mulut anda mengucapkan pujian atas semuanya. “Terima kasih Tuhan, Engkau ciptakan alam semesta dengan Rahman dan Rahim-Mu, Engkau Maha Pengasih dan Penyayang  

Inilah kekuatan indera penglihatan. Mata anda yang membuka jendela dunia. Dengan penglihatan sempurna anda bisa memasuki jendelanya dengan mudah. Bayangkan apabila penglihatan anda terganggu, pasti anda akan mengalami banyak kesulitan.

 Sebuah kisah yang dialami oleh seorang anak yang terlahir tanpa penglihatan di Jepang bernama Miyuki. Dengan segala keterbatasan dia tumbuh di bawah asuhan seorang ibu yang keras dan “kejam”. Kawan, itulah yang harus dilakukan oleh Si Mungil Miyuki, untuk mendapatkan sedikit saja indahnya dunia dia membutuhkan usaha sangat keras. Terjatuh, kelalahan dan hinaan pernah dia alami. Semua beban dipikulnya dengan tabah dan penuh kesabaran. Dengan tekat baja, akhirnya dia mampu menyiapkan kebutuhan hidupnya tanpa membebani orang lain. Kawan, ini adalah kisah seorang anak di Jepang bernama Miyuki yang lahir buta dengan berat 500 gram. Saya miris membacanya, tetapi kisah ini sangat menginspirasi saya dan keluarga, bahwa Tuhan sangat murah dengan makhluknya yang bernama manusia.

Kembali pada jergon melihat sebagaiman saya uraikan di atas. Dengan penglihatan sempurna anda mengatahui apa-apa yang ada di hadapan anda, bemtuk, posisi, warna, ukuran dan kondisi sekitarnya. Tentu saja ini tidak mungkin anda lakukan apabila tidak memiliki fungsi penglihatan. Setelah anda lihat dengan seksama, anda bisa mengambarkan dengan baik kepada orang lain, sehingga mereka dapat berimajinasi dan membayangkan seperti apa materi yang anda ceritakan. Bahkan kalau anda bisa bercerita dengan baik, maka pemahaman anda akan sama dengan pembuat cerita. Ayo melihat dengan seksama, sambil menghayati kebesaran ciptaan Tuhan dan menceritakan kembali kepada keluarga, teman dan siapa saya yang berkenan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: