MENDENGAR

Oleh : Jaiman Paiton

Tuhan telah menjadikan telinga kita sebagai media untuk mendengarkan suara dan bunyi-bunyian. Itulah karunia yang sangat hebat dari Allah swt. Kalaupun anda ditawari dengan sejumlah uang dan harta benda yang sangat besar, tentu tidak hendak menukarnya, mengapa? Karena pendengaran anda sangat vital yang tidak bisa dinilai dengan besaran uang tertentu, berapapun besarnya.

Kawan, anda pasti tahu betapa hebatnya fungsi pedengaran. Bahkan seorang bayi bisa berbicara, menganali sesuatu di sekitarnya karena memiliki pendengaran. Seorang anak yang tumbuh tanpa pendengaran pasti menjadi bisu. Ini artinya pendengaran adalah pengantar awal atas pengenalan manusia terhadap dunia.

Saat ini tidak banyak orang yang suka mendengar. Seorang pejabat paling suka diberi kesempatan berbicara, apalagi kalau berada dibarisan paling depan, dilihat orang banyak dan media massa. Seorang mahasiswa paling suka berbicara dengan mikrofon. Apa artinya? Kedewasaan.

Mendengarkan adalah ciri dari manusia dewasa. Dengan mendengar anda mengetahui pendapat orang lain, memahami dan memberikan feed back yang cukup. Kalau anda tidak mau mendengarkan orang lain, maka anda hanya akan melakukan tindakan salah. Tidak sesuai dengan keinginan orang lain, padahal untuk menyelesaikan masalah anda harus paham dengan sepeham-pahamnya.

Kawan, ayo kita terbiasa mendengarkan orang lain. Kita dnegarkan sampai selesai dan anda mendapatkan pemahaman yang lengkap. Kepada para pejabat dan wakil rakyat, dengarkan suara rakyat agar anda tidak membuat keputusan mubazir.

Satu Tanggapan

  1. tulisannya bagus brow
    salam kenal
    http://flyegg.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: