TIPS MENAMBAH IURAN DANA PENSION DENGAN AMAN

Oleh : Jaiman

Bagaimana menata keuangan anda supaya tetap aman sambil nabung di DPLK? Saya ingin berbagi dengan anda, supaya keuangan anda tetap fit dalam jangka panjang, inilah tipsnya:

  • Mulailah mengikuti dana pesnion dengan kontribusi terkecil. Apa tujuannnya? Tast case. Pada umumnya pegawai hanya siap menghadapi kenaikan pendapatan dan sebaliknya menjadi down apabila pendapatannya berkurang. Tidak apa-apa, ini rasional sekali, karena anda mempunyai daftar pengeluaran rutin yang tidak bisa berkontraksi.
  • Jangan menambah list pengeluaran baru apabila anda tidak memiliki tanbahan sumber income. Apa maksudnya? Sudah saya jelaskan di atas tadi bahwa anda memiliki daftar tetap pengeluaran yang wajib anda siapkan dananya. Nah, dana tersebut ditopang dari gaji bulanan, apabila anda menambah daftar pengeluaran baru maka konsekuensinya ada daftar belanja tetap yang anda korbankan. Apakah anda siap dengan mengorbakan satu jenis kenikmatan tersebut?
  • Kalau anda sudah terbiasa dengan income bulanan yang terencana dengan baik, usahakan melakukan pengetatan secara berkala untuk persiapan pension. Mungkin di tahun pertama anda memotong gaji sebesar 5% untuk iuran dana pension. Pada tahun ke dua naikkan kontribusi pension anda menjadi 6% dan seterusnya meningkat terus pada tahun-tahun selanjutnya. Cara mengiur berkala seperti ini tidak terasa bagi anda karena peningkatannya tidak terlalu tajam.

Cara di atas adalah sangat mudah, terutama kalau mind set anda adalah perencanaan keuangan pada masa pension yang baik dan mapan.

Selamat mencoba

Penulis adalah Alumni MM UNAIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: