SEHAT ADALAH PILIHAN

Oleh : Jaiman Paiton

Tidak terasa, tahun 2009 telah lewat dan kita telah memasuki gerbang tahun 2010  di bulan Januari. Kalau saya layangkan pikiran flashback, masih teringat sepertinya baru saja tahun baru 2009 seperti kemarin kami jelang, tahun baru 2010 kembali berlalu. Seiring dengan berlalunya waktu, usia kita bertambah satu tahun. Pertambahan usia ini kadang kurang kita sadari, ternyata tanda-tanda ketuaan mulai nyata di sabagian anggota tubuh kita. Tangan, kaki, mulut, hidung, telingah, mata, rambut, kulit dan seterusnya mengalami penurunan fungsi. Anda boleh bangga sepuluh tahun lalu dapat berlari 10 km tanpa istirahat, tapi sekarang? Dokter anda mungkin mulai mengingatkan daftar menu yang terlarang? Ya. Memang kualitas kesehatan badan tidak bisa menipu, tambah usia tambah banyak larangan.

Masing segar dalam ingatan, dua puluh tahun lalu, saya senang sekali dengan sate dan gule kambing. Makanan ini menjadi fevorit saya. Setiap kali habis gajian, selalu ada keinginan menikmati nikmatnya daging kambing yang gurih. Demikian juga dengan udang, kepiting, cumi dan soto babat. Semuanya sangat menggoda. Sayang pada waktu itu di kantong saya tidak cukup kocek unruk menikmati semua menu idaman tersebut, sehingga sajian ini hanya sekali-kali aku nikmati.

Sekarang pada saat kocek untuk menikmati kelezatan menu tadi dapat aku jangkau, aku tidak juga dapat menikmatinya. Apa pasal? Kesehatan fisik yang tidak memungkinkan. Seiring bertambahnya usia kualitas kesehatan makin menurun. Untuk menjaga kesehatan, aku harus memilih menu sehat. Ini pilihan, dan aku memilih jalan sehat secara sadar dengan kosekuenasi meninggalkan lezatnya makanan-makanan enak yang dahulu pernah memanjakan lidahku.

Apakah ada penyesalan? Tidak. Tidak perlu ada penyesalan. Saya tidak menyesal sama sekali dengan keadaan ini karena hidup sehat adalah pilihan. Saya memilih hidup sehat untuk masa depan yang lebih baik, untuk masa depan keluargaku tercinta.

Salam sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: