SELAMAT JALAN GUS DUR

Oleh : Jaiman Paiton

Berita wafatnya manta presiden RI keempat KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Rabu, 30 Desember 2009 jam 18:45 menyedot perhatian seluruh rakyat Indonesia yang selama ini larut dalam pertentangan kepentingan yang tidak kunjung menemukan penyelesaian. Gontok-gontokan elit politik, proses pengadilan yang makin bergolak ditambah lagi panasnya dunia entertainment menjadikan negeri ini makin kusut.

Hari ini pandangan mata semua orang tertuju pada sosok Gus Dur yang pernah memimpin negeri kita tercinta selama 2 tahun. Walaupun tidak sampai tuntas satu periode, kepemimpinan Sang Kyai menjadi tonggak yang kukuh dan melekat di deretan sejarah perjuangan bangsa sepanjang masa.

Gus memang unik, Gus Dur banyak kontraversi, Gus Dur memang nyeleneh, Gus Dur melawan arus, Gus Dur dicintai dan we love you full Gus. Kami rindu dengan joke-joke Beliau “Gitu aja kok repot, ha ha ha”

Apa yang dapat kita petik dari wejangan Gus Dur? Pluralisme, keberagaman, demokrasi dan cinta perdamaian. Bahkan karena idenya yang super pluralis ini Gus Dur kerap kali ditentang oleh lawan-lawannya, tapi Gus Dur jalan terus. Gus Dur memang beda. Selamat Jalan Gus…

Satu Tanggapan

  1. Alm. memang Tokoh/Pemimpin yang unik sekaligus menjadi panutan.
    Turut mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Putra sekaligus Pemimpin Bangsa Gus Dur. Semoga diterima di sisiNya serta sanak keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Amin.

    Cari Uang Di Internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: