AYO BERMIMPI

Oleh : Jaiman Paiton

Orang tua saya dulu menasehati kepada anak-anaknya “ojok kakean ngayal le. Ojok kakean ngimpi nduk. Sak nyatane ae, onok dipangan gak onok ndholek”. Jangan banyak berkhayal.Jangan banyak bermimpi. Yang nyata-nyata saja, ada dimakan gak ada cari. Orang tua kami memang realistis. Kami dilarang berhayal terlalu tinggi, berangan-angan selangit karena kenyataannya kami hanya rakyat biasa yang jauh dari keindahan mimpi.

Lain dulu lain sekarang. Sekarang kami diajarkan bermimpi, bahkan anda boleh bermimpi setinggi-tingginya. Bermimpi sekhayal-khayalnya. Bahkan boleh anda bermimpi yang tidak masuk akal, atau gila. Mengapa? Konon menurut para motivator ulung, bermimpi itu ada baiknya. Bermimpi masih lebih baik dari pada tidak sama sekali. Dimana baiknya mimpi?

Ada sebuah cerita tentang seorang menager marketing yang selalu mendapati anak buahnya selalu mencapai target sementara rekan lainnya banyak yang gagal. “ Tahun ini target sales kalian 500 juta. Kalau tercapai ada bonus menggiurkan, kalau gagal anda tidak mendapatkan bonus sama sekali”. Kata-kata seperti ini dalam dunia jual menjual sangat umum. Target selalu menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian marketer. Karena penasaran, sang manager memanggil anak buahnya yang selalu sukses mencapai target tersebut dan terjadilah dialog.

“ Kawan bagaimana strategi anda bisa mencapai target, tolong ceritakan rahasianya?”

“Gak ada rahasianya kok bos, saya selalu bermimpi mencapai target lebih besar dari yang anda pasang. Setiap kali anda memang target 100 juta, target saya 500 juta, pada saat target anda 500 juta, target saya satu miliar”

Nah, rahasianya telah terungkap. Anda tahu apa itu? Ternyara rahasia suksesnya adalah mimpi. Dia selalu bermimpi mencapai sesuatu yang jauh lebih tinggi dari yang dikatakan orang lain. Tapi dipikir-pikir benar juga. Misalnya kalau anda bermimpi menjadi gubernur, kemudian mimpi anda gagal, artinnya mungkin anda manjadi bupati atau camat. Tapi anda tidak pernah bermimpi sama sekali, apa yang anda dapatkan?

Oke, kita sepakat, bermimpi memang ada baiknya. Ayo bermimpi, ayo bercita-cita setinggi-tingginya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: