MANAGEMEN PERTENGKARAN SUAMI ISTRI

Oleh : Jaiman Paiton

Tidak ada satupun rumah tangga yang bebas dari perbedaan pendapat antara suami dan istri. Setiap keluarga pernah mengalami perselisihan pendapat, apakah masalahnya besar atau sepeleh.

Bukan masalah besar atau kecilnya, kalau masalah dibiarkan berkembang yang sepelehpun bisa menjadi masalah rumit. Kalau sudah menjadi masalah yang rumit, biasanya menimbulkan efek domino yang sangat sulit diselesaikan secara singkat. Untuk untuk anda perlu memiliki tips menghadapi pertengkaran dalam rumah tangga anda. Saya lebih suka menyebut managemen pertengkaran suami istri, bagaimana caranya:

  • Kalau terjadi pertengkaran antara suami istri jangan ada salah satu pihak yang melakukan kekerasan fisik. Kekerasan fisik bisa diawali dari suami atau istri. Hindari pertengkaran yang dibumbui kekerasan fisik, mengapa? Kekerasan fisik akan menimbulkan luka fisik yang akibatnya diluar kendali, bahkan beberapa kasus terjadi pwmbunuhan. Jadi kekerasan fisk adalah larangan super keras.
  • Jangan ada yang meniggalkan tempat. Pada saat terjadi adu mulut dan argumen, suami dan istri harus tetap di tempat. Walaupun ada keinginan meninggalkan tempat, tahan dulu sampai perbincangan diantara keduanya selesai.
  • Kalau ada anak-anak, usahakan mereka tidak mengatahui kalau anda dan pasangan sedang mengalami gejolak. Akan lebih baik apabila anda berdua masuk ke dalam kamar dan menyelesaikannya di sana. Di atas tempat tidur mungkin menjadi solusi alternatif
  • Salah satu di antaranya harus ada yang diam. Pada umumnya diantara pasangan ada yang lebih banyak omong/cerewet diantara lainnya. Nah, bagi anda yang biasanya diam, lakukan. Tidak masalah karena ini juga menjadi faktor pendingin api amarah. Ini bukan berarti yang diam adalah salah. Bukan, sekali lagi bukan masalah salah dan benar, melainkan memilih jalan terbaik.
  • Berpikirlah solusi. Setiap ada masalah, pasti ada solusinya. Kalau solusinya belum ketemu pada saat itu, cobalah bersabar sejenak dan mengusahakan pada waktu yang lain.

Keluarga anda akan bahagia, jangan ragu pasti bisa.

Selamat mencoba …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: