MASA DEPAN ANAK-ANAK,… DIA AKAN BAIK-BAIK SAJA

Oleh : Jaiman Paiton

Saya khawatir dengan masa depan anak-anak saya, apa yang harus saya lakukan?

Pertanyaan ini bagus dan sering membayangi pikiran kita. Saking kuatnya efek kekhawatiran ini, kemudian orang tua melakukan antisipasi berlebihan. Untuk menjamin masa depan anak-anaknya dibuatkan program asuransi pendidikan dolar mencapai ratusan ribu. Tidak cukup harus ditambah dengan asuransi tambahan berupa dana kesehatan dan kematian.

Apakah program ini salah? Tentu tidak, sekali lagi program antisipasi adalah baik tetapi yang patut dicatat adalah bahwa program yang dibuat disesuaikan dengan priorotas, program masa depan anak dan kekuatan pendanaan, kalau kekuatan pendanaan biasa-biasa saja tentu tidak perlu memaksakan diri.

Program masa depan apa yang baik untuk masa depan anak-anak saya sementara pendanaan saya pas-pasan? Pertama-tama yang ingin saya tegaskan di sini, bahwa masa depan kita tidak mengetahuinya. Pasti kita tidak mengetahui rahasia masa depan, karena kemampuan kita tidak mungkin menjangkaunya. Walaupun demikian yang patut digaris bawahi, anda memiliki daya cipta dan kekuatan untuk mewujudkannya. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paripurna, oleh sebab itu memiliki kehendak dan daya cipta tinggi. Manusia memiliki daya untuk mencipta. Dengan daya ciptanya yang hebat, terwujudlah master piece yang menjadi monumental sepanjang jaman. Saya ingin menegaskan kembli bahwa masa depan anak-anak anda menjadi miniatur yang baik manakala kita rencanakan dengan baik, tetapi menyiapka miniatur harus sesuai dengan peruntukannya pada waktu yang tepat. Saat ini mungkin yang dibutuhkan anak-anak adalah pendidikan moralnya. Artinya dia membutuhkan pendidikan moral dalam bentuk contoh dan kekuatan moral. Berikan pengertian yang cukup tentang perbuatan baik, kerja keras, kejujuran, komitmen, menghargai orang lain dan keyakinan. Ini lebih penting adripada uang ratusan juta yang akan siap digunakan sepuluh tahun lagi.

Saya kembali kepada kekhawatiran orang tua. Pernakah anda berpikir bahwa internet menjadi media yang sangat useful sepuluh tahun lalu. Ingat sepuluh tahun lalu komputer masih menjadi barang mewah. Pernhkan anda berpikir teknologi ponsel demikian penting bagi kehidupan anda, lima tahun lalu? Semua berkembang diluar nalar saya, semua berjalan cepat diluar jangkauan anda. Apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang? Tidak tahu.. benar-benar kita tidak tahu…….

Bolehkan saya yakin anak-anak akan baikl-baik saja? Boleh, bahkan anda harus yakin bahwa anak-anak kita semua akan baik-baik saja.

Satu Tanggapan

  1. Masa depan itu impian saat ini, tentu siapapun berhak, bahkan menurut saya harus, punya impian. Tanpa itu manusia akan stagnan.
    Perencanaan itu bagian dari upaya mewujudkan mimpi. “hukum keharusan” mesti diterapkan untuk mendorong diri melaksanakan rencana. Jangan sekali kali menawar akan kondisi yang ada. Keyakinan harus maksimal tapi kita harus yakin juga bahwa kita bukan pembuat keputusan akan kejadian dimasa mendatang

Tinggalkan Balasan

