TAYANGAN DEBAT DI TV MENGADU DOMBA

Oleh : Jaiman Paiton

Saya prihatin dengan tayangan berita di media massa saat ini. Banyak sekali tayangan yang tidak berkualitas menghiasi layar televisi di rumah kita. Tayangan tersebut bisa dikatakan tidak mendidik, menghasut dan membodohi pemirsanya. Mulai dari infotainment, news, reality show dan debat. Semua tayangan sarat dengan kebohongan, hasut dan adu domba.

Mungkin tayangan reality show dan infotainment sudah lama kita ketahui berbau isu dan adu domba, sehingga Majelis Ulama Indonesia (MUI)  pernah menyatakan bahwa tayangan infotaiment dianggap haram karena mengandung adu domba, isu dan menggunjing orang lain (gibbah).

Belakangan tayangan yang sealiran dengan infotainment adalah debat di salah satu TV swasta. Saya sangat prihatin, acara yang harusnya bertujuan untuk membuka wawasan dan mencerdaskan manyarakat justru menjadi ajang debat kusir dan tidak sehat. Menghadapkan dua kubu yang berbeda pendapat menyababkan tayangan debat sangat tidak elegent. Dua kubu yang berdebat selalu terpancing emosi dan melontarkan kata-kata bernada tinggi. Mereka saling mempertahankan ego berlebihan dan merasa paling benar.

Kepada media massa, sebaiknya tayangan seperti ini ditinjau kembali atau diformat ulang dengan sajian yang lebih santun dan mencerdaskan bangsa. Rakyat Indonesia sudah tahu benar dan salah karena memiliki hati nurani.

Satu Tanggapan

  1. saya setuju 100000000000000000 % mereka hanya mengumbar kebodohan dan kerusakan logika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: