TIDAK ADA RAHASIANYA

Oleh : Jaiman Paiton

Apa rahasia sukses? Pertanyaan seperti ini yang sering kita dengar “APA RAHASIANYA?”. Konon dalam sejarah peradaban bangsa-bangsa terdahulu ada yang menyimpan rahasia pengobatan, rahasia merawat kecantikan putri kerajaan, rahasia sebuah bangunan dan seterusnya.

Sampai saat ini, misteri rahasia juga masih banyak dipercaya sebagai sesuatu yang tidak tersentuh. Misalnya rahasia resep masakan ala resto tertentu. rahasia resep ayam goreng top, rahasia pengobatan sin she dan sebagainya. Mengapa ada rahasia? Dalam sebuah buku best seller  “The Secret” oleh Rhando Byrne. Konon rahasia itu sengaja disimpan, disembunikan supaya tidak dicuri oleh lawan yang bisa melemahkan diri sendiri.

Seorang pedagang roti bakar yang terkenal di Surabaya ditanya oleh pembelinya “Pak apa resepnya sehingga rasanya enak?”. Dia berkata “Mohon maaf, ini rahasia”

Perkataan rahasia ini yang kemudian di terjemahkan oleh semua orang sebagai sesuatu yang sangat hebat yang memililki power luar biasa.

Mendobrak mitos rahasia

Benarkah rahasianya ada? Pertanyaan yang cukup mengelikan serta perlu kita uji keabsahannnya. Apakah untuk menjadi sukses membutuhkan cara yang dirahasiakan? Ah, tidak juga. Bukankan untuk sukses seseorang hanya butuh kerja keras, jujur, dedikasi, pantang menyerah dan yakin bahwa anda mampu.

Apakah ada cara lain selain beberapa kata sederhana seperti di atas? Nah, inilah yang saya katakanbahwa selama ini otak kita dicuci dengan keyakinan yang tidak berdalih, seolah-oleh ada rahasia yang tidak terungkapkan, rahasia yang di bawa mati.

Jadi, rahasianya apa? Tidak ada. Sekali lagi rahasianya tidak ada, semuanya bisa kita ketahui. Sangat nyata bahwa untuk mendapatkan uang yang banyak harus bekerja, adalah cara lain? Kalau demikian, adakah rahasia itu? Tidak ada.

Satu Tanggapan

  1. Dua orang ibu rumah tangga, sama-sama membuat sambal, yang satu enak sekali yang lain kurang enak, rahasianya : 1) komposisi perbandingan bumbu dan bahannya serta 2) cara menguleknya. (walau bumbu dan bahannya sama, walau ulekan dan cowetnya sama)
    betul untuk mendapat penghasilan sebaiknya melalui bekerja, agar lebih mantap dalam bekerja, sebaiknya terlebih dahulu membaca : “Mengenali tuntutan pekerjaan untuk kesejahteraan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: