APAKAH DOSA KORUPTOR DIAMPUNI TUHAN?

Oleh : Jaiman Paiton

Seorang nenek berusia 50 an dikenakan tahanan rumah dan wajib lapor selama 3 bulan di Kabupaten Kendal. Apa pasal? Dia tertangkap tangan mengambil 3 buah kakao di kebun dekat sawah yang disewanya. Adilkah? Tentu saja adil. Maksud saya adil di sini, bahwa setiap bentuk perbuatan jahat disengaja atau terpaksa,namanya kejahatan. Setiap kejahatan harus diberikan hukuman. Tidak ada toleransi bagi perbuatan salah. Kalau kemudian bobot hukuman itu berikan keringanan karena ada unsur pendidikan tentulah ini perbuatan terpuji.  Dari pengakuannya, si nenek mengatakan bahwa kakao itu akan dijadikan bibit.

Apakah pengaduan ke polisi yang dilakukan pak mandor tersebut salah? Tidak. Apa yang dilakukan oleh Pak Mandor benar, karena itulah prosedur yang benar dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku? Bagaimana kalau dibandingkan dengan korupsi yang dilakukan oleh pejabat dan pengusaha yang nilainya mencapai puluhan miliar, ratusan miliar bahkan mencapai triliun? Ternyata mereka hanya dikenakan hukuman sepuluh tahun penjara. Bahkan dalam prakteknya para koruptor hanya menjalani separuh saja.

Kawan, sesungguhnya kebenaran adalah sesuatu yang nyata. Yang benar dan yang salah adalah fenomena yang mudah dipahami, tetapi sayang tidak semua orang mau memahaminya. Apakah mereka tidak tahu bahwa mengambil uang yang bukan didasarkan pada hak adalah kejahatan? Tahu, mereka tahu persis ini perbuatan jahat. Jangankan uang yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah,  satu rupiahpun kalau itu bukan hak, namanya mencuri, korupsi, merampok atau entahlah istilah apa yang paling klop.

Keadilan adalah keadilan, siapapun yang berbuat jahat tetap kejahatan dan harus diberikan sanksi. Kalau memang si nenek dikenai sanksi tahanan rumah dan wajib lapor 3 bulan, biarlah itu dijalani sebagai bagian dari ketaatannya pada hukum. Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang. Tuhan mengampuni kesalahan dan dosa siapa-siapa yang dikehendaki.

Apakah Tuhan akan mengapuni dosa si nenek? Ampunan Tuhan Maha luas, Maha Suci Allah, kalau saja Tuhan mengapuni seorang pembunuh yang bertobat, apakah sulit bagi Allah untuk mengampuni dosa si nenek lugu ini? Bagaimana dengan dosa para koruptor, apakah Tuhan akan mengampuni?

2 Tanggapan

  1. […] APAKAH DOSA KORUPTOR DIAMPUNI TUHAN? […]

  2. […] APAKAH DOSA KORUPTOR DIAMPUNI TUHAN? […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: