SIAPA PERCAYA ANDA TIDAK KORUPSI?

Oleh : Jaiman Paiton

Bolehkan saya bersumpah untuk meyakinkan orang lain? Boleh. Silahkan bersumpah, tetapi ingat bahwa dalam sumpah anda akan membawa nama Tuhan. Sekali lagi perlu anda sadari benar bahwa anda akan menyebut nama Tuhan sebagai saksi. Tuhan yang memiliki  semesta alam adalah setinggi-tinggi nama,. Dengan menyebut demi Tuhan, maka Tuhan telah anda seret ke dalam ranah sengketa.

Mengapa harus bersumpah? Sesungguhnya tujuan manusia adalah untuk meyakinkan orang lain bahwa Tuhan menjadi sakSi dalam urusan anda. Mereka ingin meyakinkan orang lain, benar-benar tidak melakukan perbuatan nista. Seperti apa yang dilakukan oleh beberapa petinggi di negeri kita. Petinggi Kepolisian menyebut “Demi Allah” untuk meyakinkan Bangsa Indonesia bahwa dia tidak menerima suap 10 miliar rupiah. Tidak mau kalah, petinggi KPK yang dituduh Kepolisian menerima suap satu miliar juga melakukan hal yang sama. Sekali lagi mereka menyebut asma “Demi Allah” sambil membawa kitab Suci.

Walaupun sumpah menjedi fenomena lumrah di negeri kita, tetapi sumpah yang terjadi pada pejabat negara ini sangat unik, kenapa? Coba kita cermati satu persatu:

Pertama, yang pasti pada saat pertama diangkat sebagai pejabat negara mereka mengangkat sumpah di bawah kitab suci. Artinya pada waktu itu mereka telah bersumpah tidak akan menyuap atau menerima suap dari pihak manapun selain pembayaran resmi. Pada waktu itu, dia dengan lantang menyatakan tidak akan menyuap dan menerima suap langsung atau tidak langsung.

Kedua, Orang korupsi dan tidak korupsi sesungguhnya fenomena nyata. Coba anda lihat. Seperti apa polah mereka setelah menjadi pejabat. Ada rumah, kendaraan dan harta benda lainnya. Konon gaji seorang jenderal bintang satu tidak lebih dari sepuluh juta rupiah. Dengan gaji sebesar itu, sesungguhnya mereka tidak mungkin memiliki mobil seharga satu miliar rupiah. Dengan gaji sepuluh juta, paling banter seseorang hanya akan memiliki satu rumah sederhana tipe 70 dan mobil seharga seratus jutaan.

Lihatlah kenyataan yang ada. Mereka memiliki mobil mewah lebih dari satu, rumahnya mewah bak istana sinderela. Bagaimana mungkin orang bisa percaya bahwa hidupnya bersih dari korupsi?.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: