KEBAIKAN ADA DI SEKITAR KITA

Oleh : Jaiman Paiton

Semua orang pasti berharap kebaikan. Ya kebaikan dari apa-apa yang diusahakan, bahkan seorang malingpun mengharap kebaikan diantara perbuatannya yang merugikan orang lain. Artinya, kebaikan adalah adalah kebutuhan semua orang walaupun seorang penjahat sekalipun.

Kalau seorang penjahat saja mengharapkan kebaikan pada dirinya bagaimana dengan anda yang meniatkan amalan jelas-jelas untuk kebaikan diri sendiri, keluarga dan orang lain.

Perbuatan baik apa yang bisa memberi kebaikan kepada orang lain? Banyak sekali dan mudah kita lakukan. Kalau pagi ini anda berangkat ke kantor membawa mobil sempatkan memberi tumpangan kepada teman dan tetangga. Mungkin hari ini dia sedang kesulitan uang untuk transport, dan anda datang meringankan bebannya. Bukan main anda menjadi orang baik yang akan dikenang. Mungkin juga mereka yang anda mudahkan hari ini berdoa dan doanya dikabulkan Tuhan. Andy F Noya yang ngetop lewat acara TV Kick Andy menyarankan supaya kita membersihkan sendiri meja makan. Atau bayarlah uang tol untuk mobil di belakang anda. Mudah dan murah.

Sebuah kisah ringan yang pernah saya alami sekitar 15 tahun lalu. Pagi itu saya memenuhi pangilan sebuah perusahaan jasa feri penyeberangan jembatan Madura (JM) di jalan Rajawali, Surabaya untuk melakukan wawancara lowongan kerja. Dengan senang hati pagi itu aku datang dengan sepeda motor kesayangan. Setelah memarkir sepeda motor, aku langsung naik ke lantai 2, tempat departemen HRD ngantor. Setelah mengisi formulir yang disodorkan pegawai HRD aku menunggu di di ruang tamu. Tiba-tiba aku teringat sepeda motor di parkiran. “Lho kok kuncinya nggak ada di saku?” pikiranku langsung kalut. “Bagaimana kalau kuncinya tertinggal di sepeda. Pasti lenyaplah sepeda kesayanganku. JMP daerah rawan bung”. Lemes … Aku cepat berlari menuju parkiran sepeda motor dan menuju tempat sepeda berada. Kaget sekali. Ternyata sepeda motorku masih ada di sana. Posisinya sama seperti waktu aku parkir. Sejenak aku menghela napas dalam-dalam. “Lho, kok bisa ya, di mana kuncinya”. Sambil menenangkan diri aku berjalan menuju tukang parkir yang sedang ngopi di warung. “Mas, maaf…. Apa tadi menemukan kunci sepeda motor saya?” “Oh iya mas, tadi tertinggal di sepeda”.

“Ya Allah, Alhamdulillah…” Dengan haru saya menerima kunci ini dari Mas tukang parkir yang baik tadi plus senyum lebar. “Semoga sampean mendapat perlindungan dari Allah Swt, dan semua hajad dikabulkan, amin.” Saya keluarkan sedikit uang yang tersisa di dompet dan mengucapkan terima kasih berulang-ulang.

Kisah ini sangat lekat di hati saya, karena pada saat itu, sepeda motor ini adalah harta saya satu-satunya. Allah Swt menyelamatkan harta saya dengan cara yang tidak disangka-sangka. Bagaimana mungkin ini terjadi di daerah JMP yang terkenal koraknya sejak lama. Ternyata masih ada orang baik di sekitar kita. Jangan ragu, jangan takut karena Tuhan menempatkan orang baik di sekitar kita.

Untuk keluargaku tercinta

Tinggalkan Balasan

