MENGHARGAI UANG, KENAPA?

Oleh : Jaiman Paiton

Anda bisa menghargai sesuatu dengan sungguh-sungguh apabila untuk mendapatkannya membutuhkan effort luar biasa dan pengornanan besar. Maksudnya apapun yang diperoleh dengan susah payah, pasti anda akan menghormatinya. Misalnya seorang atlit yang mendapatkan medali emas dalam kejuaraan dunia. Bagi dia medali ini sangat berharga san tidak serta-merta mudah ditukarkan dengan imbalan dalam bentuk lain. Bagi seorang atlit, sekeping medali emas dengan berat 20 gram tidak bisa dihargai dengan uang sebesar 100 juta walaupun harga emas saat ini sekitar 300 ribu per gram, mengapa? Ya di sinilah penghargaan seseorang terhadap usaha dan pengorbanan.

Hal yang sama bisa anda rasakan terhadap uang. Anda akan sangat menghargai uang di saku anda apabila anda mendapatkan dengan cucuran keringat dan berpikir kiras. Contoh paling ekstrim bisa saya rasakan sendiri pada saat membuka sebuah toko di rumah. Usaha dagang tidak seperti yang pernah saya bayangkan sebelumnya. Dalam benak saya, usaha jualan kebutuhan pokok di rumah cukup enak. Saya kulakan barang kemudian didispay di tempat yang telah saya siapkan dan pelanggan akan datang dengan sendirinya. Uang mengalir seperti air dan pundi-pundi saya makin membesar.

Setelah saya tekuni usaha ini, ternyata pikiran saya makin terbuka, bahwa melakukan usaha tidak semudah yang saya pikirkan. Untuk mengais rupiah membutuhkan effort luar biasa, kami harus kerja keras, sabar dan berpikir terus menerus untuk menarik minat pelanggan menghampiri gerai kami. Spanduk dan umbul-umbul tidak cukup, harus ada upaya cerdas sehingga pelanggan berminat mampir. Meyakinkan pelanggan bukan urusan sederhana karena mereka memiliki pilihan.

Jangankan uang puluhan ribu atau jutaan, uang sepuluh rupiahpun kami kumpulkan dengan sabar dan berharap ini adalah rejeki yang barokah. Rupiah demi rupiah kami kumpulkan dengan sabar karena ini adalah cara yang harus kami lalui. Di sinilah kami merasakan benar betapa mendapatkan rejeki yang halal itu perjuangan yang sulit dan tujuan kami adalah satu, bisnis kami berkembang dengan ridho dari Allah SWT, amin.

Tinggalkan Balasan

