PENGALAMAN PERTAMA BERBISNIS

Oleh : Jaiman Paiton

N97

Pertama-tama pada saat saya memulai bisnis dagang (trading)  dalam pikiran saya “pasti enak sekali”. Jualan itu enak, saya tinggal beli barang (kulakan) kemudian saya tempatkan di display toko, kemudian tinggal saya tunggui saja. Dengan mencantumkan identitas toko dan memajang sedemikian rupa di depan toko, maka calon pembeli akan segera berdatangan dan menyerbu barang yang saya sediakan.

Dengan pikiran seperti ini kemudian saya niatkan untuk membuka sebuah toko agen penjualan air kemasan dan elpiji. Saya berniat akan menekuni bsinis ini sebaik-baiknya dan berharap Allah memberikan kemudahan kepada saya dan keluarga, “semoga Allah memudahkan rezeki yang barokah kepada keluarga kami, amin” teriring dengan do’a dan ikhtiar kami yang sungguh sungguh.

Dengan bekal modal relatif kecil, saya dan istri menjalankan bisnis ini dengan paradigma saya bisa berhasil dengan seijin Allah SWT.

Setelah saya jalankan bisnis ini, ternyata kesulitan mulai menghadang. Rencana sales yang telah saya paparkan dalam business plan menjadi cerita manis yang sulit kani raih. Bahwa membuar rencana itu sangat mudah benar-benar kami rasakan.

Saya memang sering membaca kisah sukses dan kegagalan pengusaha yang mencoba surfing di dunia bisnis. Mereka datang dan pergi silih berganti seperti angin yang tiba dan pergi tanpa peringatan dini. Saya memang mencoba dan berpikir keras untuk masuk ke dalam ranah ini dengan baik. I am a new comer, please be welcome. Dengan segala kekurangan pengalaman berbisnis saya berharap bahwa ikhtiar kami berhasil. You Think can you can, itu pijakan kami.

Sekarang saya benar-benar merasakan bagaimana sulitnya mencari uang. Uang seratur rupiah atau mungkin satu rupiah sangat berarti. Inilah yang saya katakan sebagai perjuangan hidup yang sesungguhnya.

Satu Tanggapan

  1. spt-nya memang begitu, teori itu ya tetap teori, prakteknya sih mmg tergantung person masing. saya mengalaminya bbrp kali. banyak yg gak sabar, banyak kasih komentar miring. tapi hal yg terpenting adalah tetap sabar dan mujahadah. khan”bersama kesulitan itu ada kemudahan”. tetap semangat dan jangan putus asa. dan harapan itu masih ada!!!

Tinggalkan Balasan

