KIAT MEMULAI BISNIS PONSEL BEKAS

oleh : Jaiman Paiton

365114Nature_32

Bisnis ponsel bekas menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan orang akan ponsel dewasa ini sama seperti kebutuhan akan makan dan minum. Ponsel juga menjadi teman setia. Rasanya tidak afdhol kalau kita meninggalkan rumah tanpa ponsel di tangan. Jelas ini menunjukkan bahwa kemanfaatan ponsel adalah kebutuhan pokok yang tidak mungkin diabaikan.

Seiring dengan kebutuhan yang makin merata di semua kalangan, ponsel bekas menjadi pasar baru yang berkembang pesat. Orang orang yang derajat ekonominya menengah ke bawah juga membutuhkan ponsel walauupun tidak baru. Bagi mereka yang yang ngebet pegang ponsel tapi kocek pas-pasan bisa memilih ponsel bekas sesuai dengan bujet.

Bagi anda yang berminat bisnis ponsel bekas ini saatnya untuk menekuni bisnis jual beli ponsel bekas, bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tips untuk anda yang hendak menekuni profesi makelar ponsel bekas<

¨       Pertama, kenali semua varian ponsel yang telah di keluarkan oleh pabrikan ponsel. Akan lebih baik apabila anda mengenali dengan seksama keunggulan masing-masing produk yang dipasarkan, terutama ponsel yang sempat menjadi top hits. Kalau produk tersebut pernah menjadi hits ada kemungkinan barang seken-nya juga masih oke. Misalnya ponsel musik SE W200i yang sempat digandrungi oleh penggemar musik. Walaupun ponsel ini tergolong jadul dibanding dengan varian anyar, tapi ketenarannnya masih dikenang oleh pengguna ponsel musik.

¨       Kedua, kanali dengan baik harga semua varian ponsel. Gunakan referensi dari tabloit yang khusu mengupas ponsel. Misalnya anda bisa melihat daftar harga ponsel bekas di tabloit News Ponsel atau Pulsa. Walaupun daftar harga tersebut tidak selalu akurat, tetapi anda perlu mempunyai referensi supaya tidak dipermainkan oleh penjual yang nakal. Anda hanya boleh kulakan dengan harga istimewa apabila barangnya memang mak nyusss. Kalau tidak jangan sekali-kalai berspekulasi.

¨       Ketiga, kanali perilaku pasar (market behaviour). Anda perlu mengetahui target pasar yang akan dijadikan segmen. Siapa segmen pasar anda, apakah anak muda apakah semua umur, apakah wilayah kota atau pinggiran dan seterusnya. Pendek kata anda harus memetakan segmen, target dan posisioning market. Biasanya untuk membidik target pasar, jangan malu-malu mendekati customer dengan cara memilih lokasi strategis sesuai dengan rencana anda. Jangan terjebak pada tempat yang ramai saja, tetapi yang lebih cerdas apabila anda mengenali dengan baik target pasar anda. Misalnya anda hendak membidik segmen anah muda dan pelajar, maka lokasi mendekati kompleks sekolah bisa dipilih.

¨       Keempat, mencari pasokan yang bagus dan terjamin. Karena ponsel yang anda jual adalah barang bekas, maka anda harus extra hati-hati dalam memilih barang, jangan sampai ponsel yang kita kulak adalah rongsokan yang tidak bisa digunakan. Bahkan walaupun barang bekas, anda perlu meminta jaminan dari mereka bahwa barang itu masih bagus dan layak digunakan.

¨       Kelima, berikan pelayan prima kepada customer anda. Walaupun berdagang ponsel bekas, anda tetap harus memberikan service memuaskan supaya mereka akan kembali lagi apabila membutuhkan ponsel. Yang tidak kalah penting, mereka yang puas dengan pelayanan anda, akan menyampaikan kepada teman dan kolega, sehingga makin banyak orang yang mengenal gerai anda. Ingat, bahwa kata-kata teman lebih dipercaya daripada iklan dan iklan bombastis.

Selamat mencoba…

2 Tanggapan

  1. terima kasih informasinya…

  2. Thanks kiatnya,sangat membantu sekali,mungkin bs dtmbah lg dng management pengelolaan jg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: