MENUNGGU UCAPAN SELAMAT

oleh : Jaiman Paiton

Satu lagi tahapan proses Pemilu Presiden yang perlu dilalui supaya proses ini menjadi sempurna, apa itu? Ucapan selamat dari para kandidat yang kalah kepada yang memang. Mengapa ini perlu? Karena inilah sebagai konsekuensi dari bangunan demokrasi yang sempurna. Manakalah seorang kandidat yang kalah mengucapkan selamat “Congratulation, you my president now”, maka dia telah menunjukkan jiwa besarnya. Artinya kekalahan bukanlah akhir dari segalanya. Rakyat akan mengapresiasi kandidat tersebut, karena pada dasarnya Pemilu Presiden adalah soal pilihan dan penghormatan terhadap rakyat.

Tuan Kalla dan Ibu Mega, ucapkan selamat kepada SBY, dan ibu akan dihargai rakyat. Rakyat menanggap anda sebagai politisi berjiwa besar, sebagai negarawan berlapang dada. Kalau anda melakukan itu, anda akan dikenang sejarah sebagai negarawan yang mengantarkan proses demokrasi di negeri tercinta ini dengan baik.

Bagaimana kalau tidak? Sangat disayangkan. Karena pada dasarnya ini adalah kehendak rakyat. Tidak mengakui hasil pemilu sama saja dengan merendahkan kehendak rakyat. Melawan keinginan rakyat. Dan bagi politisi semacam ini akan tenggelam digilas jaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: