TINJAUAN MANAGEMENT KOMPETISI CAPRES

Oleh : Jaiman Paiton

Siapa yang memang? Ini pertanyaan menarik. Kontes Pemilu capres ini ibarat persaingan dalam bisnis. Menarik juga untuk mengambil sebagian dari five forces of Porter. Sebagai mahaguru management Poeter membuat analisis jitu dalam memenangkan persaingan.

SBY adalah incumbent. Artinya dia adalah exist company yang akan ditantang oleh new comer. Ada dua new comer yang menjual produk ke pasar, yaitu Mega-Prabowo dan JK-Wiranto. Apakah produk mereka akan diterima customer atau ditolak? Tentu saja bergantung pada strategi new comer.

Strategi JK-Wiranto adalah slogan lebih cepat lebih baik. Apa maknanya? JK adalah sosok pemimpin yang cepat mengambil keputusan dan model semacam ini diperlukan dalam era pasar global. Apakah rakyat Indonesia memerlukan kecepatan?

Strategi Mega-Prabowo, adalah ekonomi kerakyatan, membela wong cilik. Strategi yang umum dan menjadi agenda semua calon. Menurut mereka selama ini masyarakat kecil selalu dikalahkan dengan pelaku ekonomi besar. Pasar tradisional makin marginal dan pedagangnya kembang kempis. Sembako murah konon menjadi pilihan wong cilik, bagaimana dengan nasib petani?

SBY sebagai incumbent slogannya sederhana, lanjutkan!!! apa maknanya? Sederhana sekli, selama ini konon pemerintahan SBY cukup bagus an berhasil jadi kalau ingin keberhasilan ini makin josss pilihlah incumbunt

siap menang………..siapa minggir…

Satu Tanggapan

  1. sekilas sederhana, tapi coba kita lihat dari ideologi dan sistem yang dibawa… cukup payah, rakyat terus merana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: