ENDUNG MAU KETEMU EMAK

Oleh : Jaiman Paiton

Seorang anak laki-laki belum genap 5 duduk bersila di pinggir jalan. Kulitnya berwarna gelap, tampak sekali sinar matahari telah menyatu dengan hidupnya. dia mengenakan kaos oblong lusuh berwarna kuning pudar, di belakangnya terlihat lambang partai politik. Celana kolor pendek warna coklat gelap kebesaran membalut bagian bawah tubuhnya yang kurus. Kedua tangannya piawai mengumpulkan tanah kering yang berserakan di pinggir jalan. Dengan tangan lemah dikeruknya tanah berdebu di pinggi jalan aspal tanpa memperhatikan hirup pikiknya jalanan yang ramai. Sekali-kali kepalanya diangkat untuk melihat sekeliling, setelah itu dia larut dalam kesunyian hatinya yang gundah.

Entah apa yang sedang bergejolak di dalam pikirannya. Sore itu dia tidak berbuat apa-apa. Menurut cerita dari beberapa teman sebaya yang asik ngeman perempatan TL, Endung, panggilan di anak kurus itu. Kemaring dia hampir saja tertabrak oleh sebuah angkutan kota yang melaju kencang. Sopir bemo hampir saja meninggal, karena dia banting setir ke kiri dan akhirnya bemonya menabrak sebuah pohon sono di pinggir jalan. Si sopir sekarat, dan beberapa penumpang luka-luka. Tidak ada korban meninggal. Si emak yang dianggap bertanggung jawab dengan Endung dimintai keterangan polisi dan sampai sekarang belum pulang. Endung sedih sekali karena tidak bisa bertemu lagi dengan emaknya. Entah berapa lama lagi dia harus menunggu. Seharian dia tidak mau makan. Beberapa temannya sudah berusaha membujuk tapi belum berhasil.

Malam ini dia tidak tahu, bagaimana harus melewatkan dinginnya angin malam. Mungkin dia akan bermalam di gubuk teman-temanya yang berada di tepi kali mas. Disepanjang kali mas belakang Grahadi gubuk gelandangan berjajar di tepi sungai. Dindingnya yang terbuat dari terpal terlihat kotor, menodai pemandangan sungai mas yang dijadikan obyek wisata kota Surabaya.

Endung tidak mau makan. Yang diinginkan hanya satu ketemu dengan emaknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: