KEMISKINAN ADALAH CERITA MASA LALU

Oleh : Jaiman Paiton

365642connemara

Apakah anda pernah takut menjadi miskin? Manusiawi semua orang tidak ingin miskin. Miskin menjadi momok yang menakutkan, apalagi kalau seseorang terbiasa berkecukupan. Seorang bapak di Probolinggo nekat bunuh diri karena tidak punya uang untuk membayar hutang. Di Solo, seorang ibu nekat mengakhiri hdupnya setelah tidak terpilih menjadi anggota dewan sementara puluhan juta hutang di depan mata harus dibayar.

Demikianlah, ada orang-orang yang tidak siap hidup miskin. Apakah miskin tidak bisa dirubah? Kalau anda rajin membaca kisah-kisah sukses dalam bisnis, ternyata sebagian dari mereka adalah orang miskin. Alim Markus, Bos Maspion merintis bisnisnya sejak menjadi orang miskin. PT Maspion yang memiliki karyawan Puluhan ribu, dahulunya adalah kerajinan rumah tangga yang membuat panci dapur. Kopi Kapal Api yang merajai penjualan kopi nasional dahulunya adalah industri rumah tangga yang dijual eceran dari warung ke warung.

Lalu apa lagi yang kita ragukan. Miskin adalah bagian dari proses, masalahnya adalah apakah kita menjadi lemah atau bangkit dengan keadaan ini? Bagi orang-orang yang pasrah, kemiskinan akhirnya menjadi teman abadi sepanjang hidupnya, tetapi bagi mereka yang berpikir dan bekerja keras, kemiskinan menjadi certa masa lalu yang indah untuk dikenangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: