TIGA RESEP KEBAHAGIAAN SEJATI

Oleh : Jaiman Paiton

Seorang teman mengatakan kepada saya dalam suatu percakapan ringan, “Kalau anda memiliki tiga kriteria berikut ini maka kebahagiaan berada dalam genggaman”;

Pertama, anda memiliki keluarga yang baik. Istri dan anak-anak anda merupakan sosok-sosok yang baik dan bertanggung jawab. Istri anda baik dan berbakti dengan sepenuh hati untuk keluarga. Anak-anak melakukan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab sehingga semua aktivitas mereka memberikan manfaat kepada keluarga dan orang lain di sekitarnya.

Kedua, anda memberikan nafkah kepada keluarga dari sumber yang baik dan halal. Makanan, sandang dan papan yang baik tentu memiliki semua unsur yang baik dan berkualitas baik. Makanan yang baik memenuhi unsur kecukupan gizi dan vitamin untuk memenuhi asupan kebutuhan fisik. Pakaian yang baik berasal dari bahan yang bauk dan berkualitas, tidak ada salahnya apalagi memngikuti mode. Sedangkan halal adalah kreteria syar’i, yaitu nafkan yang kita daparkan berasal dari cara yang baik dan dibenarkan oleh ajaran agama. Kreteria halal tidak bisa kita abaikan kerena tatanan agama memberikan kedamaian hubungan sesama manusia.

Ketiga, anda berada di lingkungan yang baik dan saling memberikan kebaikan diantara individu-individu yang ada. Lingkungan yang baik berbanding lurus atau berpengaruh positif terhadap perilaku seseorang dan keluarga. Artinya suatu keluarga yang terdiri dari individu-individu yang baik akan membentuk keluarga yang baik. Efek berikutnya adalah hubungan pada level rukun tetangga menjadi baik pula. Pada tataran lebih besar akan membentuk suatu negara atau masyarakat madani.

Bagaimana dengan anda? Adakah ketiga unsur ini telah ada dalam keluarga anda? Kalau ya, maka kebahagiaan ini telah menjadi milik anda, selamat!!!

Satu Tanggapan

  1. Kebahagian sejati harus ditopang dengan perbuatan. Cukup bagus artikelnya. ditunggu artikel yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: