KELUARGA KAMI BERKASIH SAYANG

Oleh : Jaiman Paiton

artis10

Apakah anda mencintai, keluarga, istri dan anak-anak? Tentu, saya sangat mencintai mereka. Bagi saya keluarga saya adalah ruh yang selalu membuat raga saya memiliki kekuatan ekstra untuk melakukan usaha dan kerja keras setiap waktu. Keluarga memberi inspirasi setiap waktu pada saat-saat yang tepat.

 

Apa yang anda lakukan kepada mereka? Pertama-tama saya menempatkan mereka sebagai bagian utama dalam hidup saya;

Pertama, saya memberi ruang cukup di dalam hati saya untuk mereka. Di sinilah saya menjaga mereka sehingga jiwa dan raga kami setiap saat bersuwa, setiap waktu memberi dan menerima dengan ketulusan hati. Hati kami tulus menjalankan tugas terbaik, sehingga jiwa-jiwa ini menyatu walaupun menjadi entitas pada pribadi-pribadi yang terpisah.

Kedua, saya menyediakan materi sesuai dengan kemampuan yang saya upayakan. Saya jelaskan bahwa saya memiliki kemampuan dan bertanggung jawab secara materi kepada mereka, tetapi kemampuan saya juga ada batasnya. Keterbatasan ini diterima dengan pengertian penuh. Kami saling berterima kasih dan percaya bahwa kami telah menjalankan tugas yang terbaik.

 

Apakah ada kendala dan hambatannya? Keluarga kami sama dengan yang lain, ada pasang surut sebagai bagian dari hukum alam. Kami juga pernah mengalami penurunan kualitas kasih sayang. Ada juga kerikil-kerikil yang merintangi perjalanan keluarga. Bukan hanya kerikil, batu-batuan yang lebih besar juga bisa muncul setiap saat. Kami menyadarinya bahwa kerikil dan batu sama-sama berbahaya apabila tidak disingkirkan. Kami segera menyingkirkan kerikil, walaupun kecil kerikil juga berpotensi menjadi batu besar yang dapat menhadang perjalan keluarga kami. Amarah, egois harus diredam hingga mencapai titik minimum. Itulah yang kami lakukan dan hat-hati kami damai dan berkasih sayang.

Tinggalkan Balasan

