FAKTA TENTANG SITU GINTUNG

Oleh : Jaiman Paiton

artis8

Kabar terakhir, korban meninggal akibat jebolnya Waduk Situ Gintung mencapai 98 orang. Tentu saja jumlah ini sangat memilukan ditengah-tengah hiruk pikuknya kapmpanye Pemilu Legislatif yang makin semarak. Siapa yang salah dalam musibah ini? Sesungguhnya mencari kambing hitam tidak menjadi penting, tetapi mencari solusi adalah pilihan yang tepat. Sebagai evaluasi kita perlu melihat fakta-fakta tentang Waduk Situ Gintung yang berada-di tengah-tengah pemukiman padat:

1. Waduk Situ Gintung dibangun pada tahun 1930-an, yaitu pada masa penjajahan Belanda. Dengan usianya yang mencapai 90 tahun pastinya ada kondisi yang berubah seiring dengan perkembangan jaman. Mungkin struktur tanah, debit air, dan abrasi serta pendangkalan yang biasa terjadi di konsentrasi-konsentrasi air.

2. Alih fungsi tanah di sekitar waduk menjadi salah satu faktor yang menyebabkan jumlah debit ait yang masuk ke dalam waduk tersebut. Kalau sebelumnya konsentrasi ait tidak terlalu banyak pada musim-musim hujan, tetapi saat ini menjadi satu-satunya tempat pembuangan air di sekitarnya. Jadi dapat dimaklumi apabila pada musim hujan debitnya naik drastis dan kekuatan tanggul tidak sanggup menahannya.

3. Perawatan yang tidak dilakukan secara periodik dan semestinya. Kalau Dinas terkait mengatakan bahwa sebenarnya pengecekan periodik telah dilakukan dan waktu itu tidak ada hal-hal yang mencurigakan, mungkin benar. Hal ini karena dilakukan beberapa bulan lalu dan bukan pada musin hujan.

4. Faktanya telah terjadi bencana jebolnya waduk Situ Gintung yang menelan korban meninggal sebanyak 98 orang dan korban hilang mencapai puluhan orang.

5. Bencana-bencana yang lain masih mungkin terjadi. Banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, kekeringan dan seterusnya. Sampai kapan bencana bisa diakhiri? Allahu a’lam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: