FAKTA TENTANG CALEG

Oleh: Jaiman Paiton

artis10

Saat ini anda pasti merasakan betapa banyak gambar caleg yang terpampang di tepi jalan, di atas pohon, tiang listrik dan media massa. Tentu saja pemandangan ini membuat penorama jalan makin jelek. Mungkin juga anda terganggu dengan gambar-gambar ini karena tidak dapat melayangkan pandangan ke segenap arah jalan dengan bebas. Gambar yang terlalu besar dan penempatan yang acak akan membahayakan pengguna jalan.

Fakta Tentang Caleg

1. Pajangan foto caleg merusak pemandangan jalan. Coba amati dengan seksama bagaimana rupa foto-foto itu. Ada yang besar sekali, ada yang kecil, ada yang terpasang rapi, ada yang lepas sebagian tertiup angin, ada yang sobek, rusak, roboh dan seterusnya. Tentu kita sangat menyayangkan perilaku mereka yang tidak bertanggung jawab dengan ulah ini. “Belum jadi anggota dewan saja sudah semau gue, lantas apa yang bisa kita harapkan, haaa?”.

2. Saya tidak kenal mereka. Dari sekian banyak foto yang dipajang di pinggir jalan saya tidak kenal mereka. Saya tidak mengetahui siapa mereka, perilaku, integritas, kapasitas skill dan knowledgenya. Bukan hanya itu, saya juga tidak mengetahui persis apakah dia akan menjadi wakil rakyat yang amanah dan jujur. Kalau anda baca nama-nama mereka, ada yang bergelar akademis cukup mentereng, SH, SE, MM, Msi, Drs, Ssi, Ir, bahkan ada sebagian yang bergelar doktor. Bukan main-main, untuk mendapatkan gelar S1 butuh waktu 4 tahun atau lebih dengan perjuangan berat. Bagaimana kalau gelarnya beli di perguruan tinggi kelas ruko? Entah benar atau gosip, konon caleg kita juga banyak yang beli ijasah dari PT kelas ruko. Ah… jadi mikir nich, milih siapa ya?

3. Saya tidak yakin integritas mereka. Integritas menjadi bagian urgent dalam sistem kepemimpinan negara. Seorang anggota yang tidak memiliki etika politik dan ketatanegeraan yang baik akan melakukan perbuatan bodoh. Sebagian melakukan perbuatan korupsi dengan menggunakan tameng Perda. Segala cara diutak-atik untuk mendapatkan legalitas tindakan jahatnya. Ini namanya serigala berotak udang, bodoh tapi pede.

Tapi jangan skeptis dulu Mas, masih ada lho caleg yang baik, atau minimal relatif baik dari sekian banyak sampah yang bertebaran. Masih ada sebutir berlian didalam lumpur yang hitam pekat. Siapa dia?

Jawabannya memang sulit sekali. Siapa yang mnjamin bahwa orang yang kita kenal kebaikannnya tidak akan korupsi pada masa yang akan datang. Konon anggota KPPU Muhammad Iqbal adalah orang jujur sekali, tetapi tembus juga dengan uang sebesar Rp 500 juta dari PT. First Media. Konon jaksa Urip Tri Gunawan terkenal berdedikasi tinggi pada saat menjabat sebagai jaksa di Kejaksaan Tinggi Bali, tetapi setelah menjadi staff Kejaksaan Agung jebol dengan uang suap sebesar Rp. 6 miliar atas kasus kredit likuiditas BLBI. Masih ada yang lain? Mungkin sekali ada…. Lho masih banyak sekali…. He he he. Kata seorang teman “Sukurin, siapa suruh jadi rakyat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: