Suami Saya Dilamar Seorang Gadis

Oleh : Jaiman Paiton

656855nature_11

Apa yang anda lakukan apabila ada seorang gadis yang cantik dan baik datang bersama keluarganya untuk melamar Anda? Sebagai seorang laki-laki normal tentu tidak kuasa menolaknya. Tetapi masalahnya anda sudah berkeluarga dan berbahagia dengan istri dan anak-anak yang baik dan sehat sehat. Pernikahan anda yang sudah berjalan 15 tahun guncang, istri anda marah bukan kepalang, hampir saja tidak terbendung, anak-anak shock.

Kisah ini nyata dan diceritakan oleh seorang istri. Dia sangat shock ketika suatu hari rumahnya yang asri kedatangan tamu serombongan keluarga. Kedatangannya adalah melamar suaminya supaya berkenan menikahi anak gadisnya. Pertama-tama mendengar pinangan ini dia hampir pingsan. Dia berpikir ada apa ini?, mengapa ada fenomena anek seperti ini?. Bukankan dia tahu bahwa suaminya sudah berkeluarga dan berbahagia?

Dengan rasa marah, dicobanya untuk dipendam sambil bertanya mengapa dia ingin menjadi istri suaminya. Setelah medengarkan penjelasan orang tua si gadis dia merenung dalam-dalam. “Ya, memang benar suami saya adalah orang baik, cerdas, sholeh dan mapan. Tentu saja sangat masuk akan kalau ada seorang gadis yang baik ingin mendapatkan suami yang baik pula, suami dan kepala keluarga yang baik untuk anak-anak yang akan dilahirkannya. Bukankan di dunia ini ada jutaan laki-laki yang baik dan masih bujang belia sama dengan gadis ini?” Tuhan menurunkan kasih sayang kepada siapa saja yang diinginkannnya, yang muda yang tua, semua mendapatkan bagian yanga adil, sama dengan hujan yang membasahi daun-daun tanpa dibedakan yang tinggi dan yang rendah.

Dia mencoba memahami kembali pendapat keluarga ini. Dia sempat menanyakan kepada suaminya, “ Pa, apakah Papa berkenan menerima pinangan si gadis ini?”. Sebagai suami yang baik dia mengumpulkan keluarganya dan menanyakan perihal ini, “ Anak-anak, tolong beri pendapat Papa, apa yang harus kulakukan?”. Semua terdiam, hening beberapa saat. Dalam keheningan kemudian si istri berkata “ Papa terima pinangan itu. Tentu aku punya alasan mengapa Papa perlu menerimanya. Pertama, yang jelas dia adalah gadis yang baik dan dari keluarga baik juga. Kedua, Mama memahami, ini akan menyakitkan terutama untuk anak-anak, tetapi apa salahnya kalau kita perlu berbagi kebahagiaan dengan sesama. Gadis itu juga berhak atas kebahagian yang diharapkannya. Kalau kita bisa melakukannya pasti Allah SWT memberikan jalan yang baik pula”

Bagaimana dengan anda? Kalau misalnya hal ini terjadi pada anda, apa yang akan anda lakukan?. Seorang teman langsung menyambar “ Wah, kalau kucing dikasih dendeng mana mungkin menolaknya. Apalagi kalao ente atao ana pasti he – eh aja, he he he…”

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Asyik dong…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: