PERMAINAN MASA KECIL

Oleh : Jaiman Paiton

dscn16942

Tiga dasawarsa lalu usiaku mendekati 10 tahun, sungguh waktu itu sangat beda dengan masa kini Pada masa itu kami merasaka perbedaan yang sangat kontras dengan anak-anak sekarang. Dewasa ini permainan dengan segala medianya telah disediakan perusahaan raksasa yang mengandalkan bisnis dan profit semata. Kami tidak kenal gameboy, playstation, game online dan seterusnya. Kami mengandalkan kreativitas nalar dan intuisi, sehingga terciptalah game-game yang sehat yang bermutu. Kalau usia anda mendekati kepala tiga atau empat puluhan pasti mengenal permainan gasing, baksodor, bentengan, patelele, lompat karet, ketapel, rakit pohon pisang, mobil pohon pisang, mahkota daun nangka dan seterusnya.

Satu jenis permainan yang membuat saya kagum sampai saat ini adalah bentengan. Saya sangat senang dengan permainan ini. Pertama, bentengan mengajarkan kepada kita berolah raga sehat, yang berarti pula kami gemar olah raga dan menjaga kesehatan. Secara langsung permainan ini benar-benar sehat dalam arti yang sebenar-benarnya. Kedua, bentengan mengajarkan kita tentang strategi bertahan dan menyerang. Dengan bermain bentengan kami secara langsung belajar stategi bertahan dari serangan musuh dan taktik memenangkan peperangan, mengapa demikian?

Cara bermain bentengan diawali dengan pembagian dua kelompok orang yang harus mempertahankan bentengnya dari serangan musuh. Sementara itu kelompok lain berusaha menyerang kelompok lain untuk menguasainya. Bagi kelompok bertahan pasti mencari strategi paling jitu untuk mempertahankan bentengnya. Sementara itu kelompok agresor menyusun strategi supaya dapat mengasai kelompok lain. Nah, ini yang kami lakukan pada waktu itu, padahal usia kami pada waktu itu belum genap sepuluh tahun.

Sementara itu permainan lain yang aku sukai adalah adu gasing. Adu gasing bisa dilakukan dengan ketahanan berputar paling lama dan adu ketangkasan menyerang lawan. Yang lebih menantang lagi, bahwa gasing yang kami gunakan adalah karya kami sendiri. Tidak ada penjual gasing di pasar atau keliling. Sehingga kami merasakan kemabanggan sejati apabila memiliki gasing bagus dan menang aduan.

Jenis permainan ketiga paling favorit adalah rakit pisang. Kami biasa membuat rakit batang pisang pada musim kali banjir atau msim hujan, mengapa? Karena pada musim itu debet airnya meluap, sehingga rakut bisa melaju kencang. Memang sangat konyol, bahwa kami tidak berpikir safety dan tetek bengeknya, padahal beberapa kali terjadi kecelakaan di kali dan korbannya selalu anak-anak usia belia. Mereka rata-rata diketemukan sudah menjadi mayat.

Moga-moga teman seangkatan bisa terhibur mengenang masa lalu. I love memory.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: