Tips Cegah Penambahan Berat Badan

ashley271280x960

Sumber ; Media Indonesia

Mengapa banyak orng yang mengalami penambahan berat badan di usia pertengahan?

Anda bisa menyalahkan hormon dipadukan dengan pilihan gaya hidup yang tidak sehat, terlalu banyak makan, tidak cukup olahraga dan stres. Tetapi hormon hanya menambah sekitar 1- 2 1/2 kg. Sisanya diakibatkan oleh terlalu banyak makan, pilihan gaya hidup yang tidak sehat, seperti kurang olahraga dan stres.

Bagaimana cara menghindari penambahan berat badan?

Kuncinya ada 3: pikiran, mulut, otot. Gunakan pikiran Anda untuk mengontrol stres. Jika Anda berjalan ke sekeliling dan segala sesuatu di sekitar Anda mendatangkan stres, Anda menghadapi masalah. Anda bisa mengundang stres dengan membuat pilihan gaya hidup yang tidak sehat, seperti tidak makan sehat dan kurang olahraga.

Perhatikan nutrisi Anda, dari segi kualitas, jumlah, serta frekuensi makan. Anda sebaiknya lebih sering makan. Kualitas berkaitan dengan mengkonsumsi seluruh makanan, buah-buahan dan sayuran, beras murni, serta protein rendah lemak. Makanan olahan bukanlah pilihan yang baik.

Orang-orang sering gagal dalam masalah kuantitas. Saat makan di luar dan merasa ragu, makanlah setengahnya saja atau kurang dari setengah.

Perhatikan jumlah kalori. Anda perlu memperhatikan jumlah kalori yang sebenarnya Anda butuhkan. Perempuan rata-rata, bukan seorang atlit, di usia 40-an atau 50-an, memerlukan sekitar 1.500-1.600 kalori sehari, dalam hitungan rata-rata, jika Anda berolahraga. Seorang laki-laki usia pertengahan, dengan tinggi rata-rata dan bukan seorang atlit tetapi aktif berolahraga, memerlukan sekitar 1800-2000 kalori.

Otot, tentu saja, berkaitan dengan kebutuhan akan berolahraga dan tentu saja melakukan latihan angkat beban.

Apakah berat badan impian/tujuan harus meningkat saat memasuki usia pertengahan?

Lebih baik ada tujuan daripada fokus pada skala berat badan untuk melihat lemak tubuh. Tujuan, sebaiknya untuk menurunkan lemak tubuh dan mengoptimalkan kekuatan tulang. Bagi seorang laki-laki, persentase lemak tubuh antara 18%-25% tidak buruk bagi yang berusia 40 ke atas. Bagi perempuan yang berusia 40 ke atas, 22%-27% tidaklah buruk.

Untuk mendapatkan persentase lemak tubuh seperti itu, Anda perlu melakukan fitnes yang bagus untuk mempertahankan otot yang bagus. Seorang laki-laki juga sebaiknya memiliki lingkaran pinggang di bawah 40 inchi dan perempuan di bawah 35 inchi.

Saya berusia 40 tahun ke atas, makan dengan benar, berolahraga tetapi tidak menurunkan berat badan. Kenapa saya mengalami pertambahan berat badan di usia pertengahan?

Jika Anda sudah mengatur porsi yang tepat, perhatikan frekuensi makan Anda. Makanlah setiap 3 atau 4 jam. Tetapi jangan terlalu larut. Semakin malam Anda makan, semakin sedikit yang dimakan, merupakan aturan yang bagus. Konsumsilah protein tanpa lemak, lemak, dan karbohidrat dalam jumlah yang seimbang. Pilihlah lemak sehat, lemak dengan kualitas bagus, dan protein sebaiknya tanpa lemak, seperti burger kalkun atau burger sayur.

Sebagain besar orang melakukan rutinitas olahraga selama beberapa tahun, dan tubuh Anda menyesuaikan diri. Kombinasikan latihan rutin Anda. Berolahragalah paling sedikit 5 kali seminggu.

Tambahkan intensitas. Tambahkan beberapa tingkat latihan angkat beban, dan tantanglah diri Anda dengan beban. Lakukan latihan angkat beban 2-3 kali seminggu. Membangun otot akan mempercepat metabolisme karena otot-otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

Apa yang ada di perut? Tidak pernah ada sebelumnya

Kelebihan lemak tubuh yang tersimpan di bagian perut sebelah bawah  dikaitkan dengan usia, setelah 40 tahun. Kelebihan lemak tubuh ini pada rentangan normal biasanya hanya 1 – 2 1/2 kg.

Bagaimana cara menghilangkan lemak di perut?

Anda bisa meminimalkannya dengan mengikuti konsep pikiran-mulut-otot. Tetapi mungkin kurang realistis untuk mengharapkan perut sedatar saat Anda berusia 20 tahun.

Bisakah saya meningkatkan metabolisme tubuh?

Tentu saja. Anda bisa mengoptimalkan metabolisme Anda sepanjang hidup tergantung pada usia dengan mempertahankan tingkat latihan setinggi yang Anda bisa. Jika massa otot Anda berkurang dengan tidak berolahraga, tentu saja prose metabolisme Anda akan menurun. Karena itu, perlu melakukan latihan kekuatan atau angkat beban.

Olahraga apa yang terbaik untuk usia pertengahan?

Kardio kreatif. Anda bisa membakar 400-500 kalori sehari dengan kardio.

Satu Tanggapan

  1. wah intinya kita hrs memperhatikan pola makan, pola hidup . bila sudah kita lakukan yang dua itu pasti keinginan kita akan tercapai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: