Fenomene Unik Dukun Cilik Ponari

Oleh : Jaiman

burns621920x1440

Saya mengikuti berita dukun tiban, Ponari asal Desa Balongsari, Jombang yang kondang mendadak seantero Nusantara. Ini benar-benar peristiwa fenomenal dan manarik. Bagaimana tidak, seorang anak berusia 10 tahun dianggap sebagai dukun yang mampu menyembuhkan segala penyakit dengan sebutir batu yang ditemukan didekat rumahnya. Kontan saja hal ini menyedot perhatian ribuan orang dan media masa gara-gara sebutir batu yang dianggap sakti dan dapat mengobati penyakit. Tidak tanggung-tanggung, pasien yang datang berasal dari  wilayah seantero Jawa Timur, bahkan ada pasien dari Kalimantan yang langsung datang ke Jombang untuk mendapatkan segelas air yang dicelupi dengan batu milik Ponari.

Animo masyarakat yang sangat besar tersebut menyebabkan ribuan orang berjubel di kediaman orang tua Ponari, sehingga 4 orang nyawa melayang karena berdesak-desakan dan kecapaian antri terlalu lama. Kabar terakhir, Polisi menutup tempat praktek pengobatan dukun tiban Ponari karena menyebabkan keresahan mansyarakat sekitar. Tidak hanya itu, ponari yang duduk dibangku kelas  tiga SD ini seharusnya mendapatkan haknya untuk mendapatkan pendidikan sebagaimana layaknya anak yang lain. Sampai dengan hari ini sudah 17 hari dia tidak sekolah karena sibuk melayani pasiennya.

Terus terang saya berpikir keras untuk menelaah kejadian ini. Bagaimana mungkin sebutir batu yang dicelupkan ke dalam segelas air kemudian air tersebut menjadi obat mujarab untuk segala macam penyakit. Apa mungkin orang sakit kanker sembuh karena minum segelas air Ponari? Saya coba mendengarkan penuturan pakar kesehatan dari dunia pendidikan, mereka mengatakan bahwa ini hanya efek sugesti yang tidak berdampak apapun terhadap sakit seseorang. Air Ponari yang diminum pasien bukan obat, jadi tidak mungkin memiliki dampak penyembuhan. Kalau bebarapa orang merasa lebih enak setelah minum air Ponari, bisa jadi ini adalah efek sugesti belaka.

Mengapa tidak mungkin, bukankah didunia ini serba ada kemungkinan ?. Memang benar, Tuhan Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan yang dikehendakiNya pasti terjadi, tetapi apakah dengan ini cara Tuhan menunjukkan kekusaanNya? Seorang ulama menyayangkan fenomena yang terjadi pada Dukun Ponari. Ini adalah pembodohan, masyarakat terseret ke dalam perbuatan syirik dan menyekutukan Tuhan

Satu Tanggapan

  1. Pertanyaannya adalah, anda percaya atau tidak. Itu saja hik hik hik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: