Sampean Jadi Bos, Enak…!

Ole : Jaiman

golden-gate4

Sawang sinawang, begitulah pepatah Jawa. Kita lebih mudah melihat dan menilai orang lain dari pada diri sendiri. Kalau Anda mengatakan begitu, tentu bos juga bisa membalas, “Kamu enak, gak banyak tanggung jawab dan pikiran, lha aku tiap hari pening kepala”. Debat seperti ini tidak bakal ada habsnya karena masing masing memiliki sudut pandang berbeda. Apa yang dipikirkan pegawai subyektif karena posisinya, pun demikian dengan bos yang memiliki tanggung jawab lebih untuk kelangsungan bisnis.

Alkisah tiga orang yang memiliki uang 10 dirham. Orang pertama mengatakan aku ingin segelas anggur, orang kedua mengatakan aku ingin segelas wine, yang ketiga mengatakan aku tidak ingin keduanya, aku hanya ingin segelas grape. Apakah mereka memiliki perbedaan pendapat? Tidak, sama sekali mereka tidak berbeda pendapat, keingian ketiganya sama yaitu segelas anggur.

Dalam keseharian hidup kita sering berselisih pendapat tentang nama atau sebutannya. Kemudian energi dan waktu kita terkuras hampir habis. Sementara orang lain berpikir jauh dan meninggalkan tempat kita berpijak saat ini.

Tinggalkan Balasan

