Harga Elpiji 3 Kg Dimungkinkan Berubah

church501920x1440

JAKARTA – Harga LPG untuk tabung ukuran 3 kg dimungkinkan dapat berubah. Pasalnya, saat ini sedang dirumuskan formulasi harga yang baru untuk tabung 3 kg tersebut.

Adapun formulasi tersebut dibuat oleh Dirjen Migas, Pertamina, Hiswana Migas, serta Depkeu. Rencananya akan rampung pada akhir Januari atau awal Februari 2009.

“Bisa saja harganya berubah, tapi akan dilakukan perhitungan terlebih dahulu,” ujar Direktur Usaha Hilir Migas Saryono Hadiwijoyo, usai menghadiri seminar dan kongres Ikatan Ahli Bahan Bakar Indonesia (IABBI) di kantor Dithen Migas, Plaza Centris, Kuningan, Jakarta, Selasa (13/1/2009).

Dia melanjutkan, pihaknya saat ini sedang membicarakan menganai tata niaga untuk elpiji dan formula harga untuk LPG, khususnya untuk tabung 3 kg. Tim kecil pun telah dibentuk, dan saat ini telah dilakukan penghitungan terhadap kemungkinan formulasi harga yang akan digunakan nanti.

Menurutnya, kemungkinan formulasi itu banyak pilihannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan persentase seperti pada formulasi penghitungan harga BBM PSO.

“BBM itu pakai persentase. Dengan demikian, pada kondisi tertentu (seperti pada saat harga minyak naik) akan sangat menguntungkan, tetapi di kondisi tertentu pun akan menjadi kurang menguntungkan. Pertaminapun sedang menghitungnya saat ini,” jelasnya.

Selain itu, mengenai standar acuan harga LPG, Saryono melanjutkan Depkeu juga mempertanyakan apakah ada acuan yang lain selain dari CP Aramco untuk standar harga LPG.

Sedangkan menurutnya, saat ini memang belum ada acuan lain selain dari CP Aramco tersebut. “Pertamina juga membeli dari kontraktor kerja sama (KKS) juga pakai CP Aramco,” ucapnya. (ade)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: