Israel Gunakan Senjata Fosfor Putih

JERUSLEM–MI: Human Right Watch (HRW) meminta Israel menghentikan penggunaan bom yang menggunakan bom fosfor putih dalam melakukan serangan di Jalur Gaza. Penggunaan fosfor putih ini dilakukan Israel saat menyerang Kota Jalabiya.

“Israel sebaiknya menghentikan penggunaan fosfor putih dalam operasi militernya di wilayah padat penduduk di Gaza,” jelas HRW seperti dikutip kantor berita Palestina, WAFA, Minggu (11/1).

Fosfor putih memiliki efek yang kuat dan memiliki kemampuan membakar orang maupun benda-benda. Potensi yang membahayakan tersebut semakin diperburuk dengan populasi pada Gaza.

“Fosfor putih dapat membakar rumah serta menimbulkan efek pembakaran yang mengerikan saat mengenai kulit. Israel tidak semestinya menggunakannya di Gaza,” ujar Marc Garlasco, analis militer senior di HRW.

HRW meyakini penggunaan fosfor putih di tempat padat penduduk, termasuk Gaza, melanggar hukum kemanusiaan dunia. Udara yang terbakar oleh fosfor putih bisa mencapai diameter 125 hingga 250 meter, tergantung pada ketinggian ledakan.

Menurut laporan, Israel mulai menggunakan bom fosfor putih sejak dimulainya serangan darat 3 Januari silam. Namun hal ini dibantah oleh pihak Israel melalui Israeli Occupation Forces (IOF) menyatakan mereka sama sekali tidak menggunakan fosfor putih dalam serangannya.

Sumber : Media Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: