Gak Usah Ngguethu… Rugi Koen !

Oleh : Jaiman

Lho kok rugi, memangnya kamu dagang apa? Ini sering diucapkan oleh pegawai kita. Mereka mengatakannya pada saat kesal atau bad mood di tempat kerja. Apa yang dikatakan adalah expresi keputusasahan (give up) seorang pegawai. Apa sebabnya mereka putus asah.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seorang karyawan putus asah. Dari sisi eksternal mungkin karena atmosfir pekerjaan yang kurang berkenan, misalnya safetynya rendah, karir tidak ada, aturan perusahaan sangat buruk dan seterusnya. Karyawan seperti ini masih ada harapan berkembang, apabila kondisinya dirubah. Misalnya dia masuk dalam bisnis yang growing up dan memberikan ruang cukup untuk promosi. Yang berbahaya adalah kondisi internal pegawai, yaitu yang berasal dari sikap mental. Seorang yang bermental malas, pasif dan yess bos tidak akan berkembang, walaupun kesempatan promosi terbuka luas. Tipe pegawai ini sangat merugikan perusahaan, mengapa? Menurut Ali Murtadlo, Dirut JTV, sifat manusia bisa menular sama dengan virus penyakit. Apabila kita memiliki pegawai yang dari cetakannya tabiat malas, segera diobati atau mungkin ekstrim yaitu diamputasi supaya tidak menular.

Siapa yang rugi kalau memiliki karyawan malas? Semua akan rugi, pegawai pasti rugi karena kinerja yang buruk akan membuat majikan tidak nyaman, wal hasil bonus gak keluar, appraisal jeblok, gak ada promosi. Perusahaan lebih lagi. Perusahaan membayar lebih mahal untuk hasil yang sedikit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: