Selamat Idul Fitri 1429H

Oleh : Jaiman

Tidak peduli apa maknanya, yang jelas idul fitri tahun ini aku senang bisa libur panjang dan berkumpul keluarga. Saya juga bisa istirahat dan santai beberapa hari di rumah berkumpul dengan keluarga dan orang tua yang cukup lama tidak bertemu. Pokoknya idul fitri selalu menyenangkan.

Sejatinya apa yang dimaksud idul fitri? Lantas prestasi apa yang telah kita raih pada hari yang konon disebut sebagai hari kemenagan ini? Semakin tahun idul fitri makin populer. Tetapi namanya bergeser ke arah general yaitu lebaran. Lebaran konon berasal dari dialeg jawa yaitu ā€œleburanā€ yang maknanya adalah musnah, hilang atau mencair. Jadi makna lebaran berarti melunakkan kekerasan hati manusia yang sebelumnya keras, bebal oleh egosime, sombongan, pemarah, curang mencair. Hati yang mencair berarti perasaan manusia yang lembur, kasih sayang, pemaaf, jujur, adil dan sebagainya. Mereka yang telah menunaikan puasa sebulan penuh diharapkan perubahan sifat dan perilaku yang buruk menjadi bersih dan penuh cinta sesama manusia.

Kembalinya sifat manusia yang mulia dijadikan tonggak perjalanan manusia setahun ke depan, di mana dengan mengentongi sertifikat lulus masa training sebukan di bulan ramadhan, amalannya makin baik. Kalau sebelumnya sifatnya sombong, congkok dihadapan manusia, menjadi ramah dan rendah hati. Kalau sebelumnya curang dan suka berbohong, dengan puasa hatinya menjadi jujur dan menepati amanah.

Tuhan tahu, bahwa manusia mudah tergoda oleh bujuk rayu setan. Apa yang sebelumnya melekat sebagai keimanan hakiki, dalam waktu singkat berubah menjadi sangat buruk. Kalau sebelumnya memegang amanah dengan baik, karena bujuk rayu setan dia menjadi pengkhianat dan tidak dapat dipercaya. Keadaan ini adalah sifat dasar manusia, hatinya mudah berubah. Jadi supaya hati manusia relatif stabil, harus ada alert yang selalu menyala apabila ada sinyal merah dan dapat merusak mental manusia.

Jagalah kesucian jiwa dengan selalu mengambil makna dari perintah Allah. Yakinlah bahwa setiap bentuk amalan yang diperintahkan pasti membawa manfaat dan hikmah bagi diri sendiri dan orang sekitar. Sayang sekali pengetahuan manusia sangat terbatas pada apa yang dilihat, didengar, dan diraba.

Selamat Idul Fitri 1429 H, mohon maaf Lahir batin. Semoga amal ibadah kita selama bulan suci ramadan diterima Allah swt, amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: