Cinta Tak Tergantikan Oleh Harta

Oleh : Jaiman

Dalam kehidupan manusia, perbuatan baik dan buruk menjadi bagian yang tak terpisahkan. Bisa jadi hari ini seseorang melakukan perbuatan sangat baik seolah malaikat. Di lain hari mungkin saja dia melakukan perbuatan jahat sekali seperti malaikat pencabut nyawa yang tanpa belas kasih. Manusia juga tidak tahu bagaimana hal ini bisa terjadi, kapan manusia dapat mengetahui perbuatan baik dan buruknya?

Dahulu di daerah Padang-Sumatra ada kisah tentang anak yang sangat baik dan berbakti kepada orang tuanya. Karena dia hidup bersama dengan ibunya, setiap hari membantu ibunya dalam berbagai hal. Mencari kayu, mengambil air, membersihkan halaman, mencarikan kayu bakar merajut benang dan seterusnya. semua dia lakukan degan rajin dan penuh kebahagiaan. Di dalam hatinya juga ada keinginan pada suatu saat nanti dia ingin membahagiakan ibunya. Setiap waktu luang dia melamun, melambungkan angannya kepada masa depan dan harapannya yang tinggi untuk membahagiakan sang ibu tercinta.

Tibalah saat perpisahan, dengan bantuan temannya yang sudah lama merantau, dia menguatkan hatinya untuk merantau. Ditinggalkan ibunya yang sendiri. Dia berjanji kepada sang ibu, bahwa dia akan kembali dengan membawa hasil perantauannya. Dia juga berjanji akan membahagiakan sang ibu kelak. Sang ibu yang ditinggalkan sangat berat hati, tetapi demi mengharap kebahagiaan sang buah hati, akhirnya dia mengikhlaskan kepersian sang anak. Dia panjatkan doa dengan penuh kesungguhan kepada Tuhan, kelak nanti sang anak berhasil dan kembali membawa kebahagiaan. Selama ditinggalkan sang anak, ibu setiap malam memanjatkan doa, semoga sang anak dilindungi Tuhan Yang Maha Esa. Setelah lama sekali sang anak kembali ke kampung halaman, dengan membawa harta benda melimpah. Ditunjuukan kepada ibu bahwa dia telah berhasil dan kaya raya.

Tetapi sang ibu tidak menanyakannnya. Baginya harta kekayaan yang dibawa sang anak tidak dapat mengganti nilai kehadiran buah hatinya tercinta. Sang anak merasa sedih karena ibunya tidak pernah menanyakan harta kekayaan yang dibawahnya. Dalam hatinya gundah, ternyata usaha kerasnya tidak berarti apa-apa dibandingkan dengan kasih sayang ibunda.

Persembahan untuk orang tua kita tercinta..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: