Sakit Jiwa

Oleh : Jaiman

Bagian dari tubuh manusia terdiri dari jiwa dan raga, dan semua orang menyadarinya.

Tetapi bahwa sakit jiwa, tidak mudah dimaknai oleh semua orang. Siapakah yang tahu, bahwa dirinya adalah seorang pasien stadium akut? Bagaimana cara mengetahui strata sakit jiwa seorang manusia?

Kita tidak memiliki kemampuan deteksi penyakit jiwa, dan sejatinya penyakit jiwa berefek fatal. Kalau ada satu saja orang tetangga kita sombong menjadi tukang hasut dan fitnah, apa yang terjadi dengan tetangganya? Semua tetangga akan mengalami virusnya, sehingga efek multipliernya bisa berupa permusuhan dan kebencian antara tetangga.

Sombong, hasut dan fitnah merupakan penyakit paling awal dalam sejarah peradabaan mekhluk hidup. Pada saat Allah pertama kali menciptakan Adam as, iblis adalah mahkluk Allah ta’ala yang memiliki sifat sombong, hasut dan fitnah.

Pada akhirnya Allah swt, murka dengan sifat iblis yang sombong, sehingga Allah ta’ala mengusirnya dari surga dan memfonis hukuman baginya. Neraka adalah tempat paling tepat untuk iblis yang sombong. Ini artinya semua mahkluk Allah yang memiliki penyakit jiwa berupa sombong, maka tempat kembalinya adalah neraka.

Demikian juga dengan manusia pada umumnya. Sombong sering kali tumbuh kembang di hati manusia, sehingga akalnya dibelenggu oleh nafsu iblis yang dilaknat Tuhan. Bagi manusia, rasa sombong sama dengan sakit jiwa. Manusia sombong adalah pasien sakit jiwa yang perlu segera diobatkan.

Mengapa sombong dilarang Tuhan? Ketahuilah bahwa sombong hanya milik Allah dan hanya Dia yang berhak sombong, mengapa? Karena Allah yang memiliki segalanya, Allah yang mengetahui segalanya, sedangkan manusia tidak. Manusia hanya memiliki sedikit saja walaupun di dunia menjadi orang terkaya. Manusia hanya mengetahui sedikit saja walaupun bergelar profesor akademisi. Jadi yang patut bagi manusia hanya menebarkan kebajikan, dan itulah manusia yang sehat jiwa dan raga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: