Jangan Berbisik

Oleh: Jaiman

Bergaul dan berteman adalah kebutuhan, sama dengan kebutuhan kita akan makan minum, pakaian, tempat tinggal dan keutuhan tersier lainnya. Supaya pergaulan kita mendapatkan sambutan yang baik dari orang lain, kita juga harus memanuhi kewajiban orang lain dalam pergaulan. Tatanan bergaul yang diajarkan Nabiyullah Muhammad saw sangat indah, yaitu menghargai semua orang yang ada di sekeliling. Jangan ada yang disembunyikan atau melakukan tindakan dan ucapan yang menyebabkan teman kita tersinggung, sebagaimana rasul bersabda:

Dari Ibnu Mas’ud Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila engkau bertiga maka janganlah dua orang berbisik tanpa menghiraukan yang lain, hingga engkau bergaul dengan manusia, karena yang demikian itu membuatnya susah.” Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut Muslim

Kalau kita sedang bertemu dengan seorang teman, tentu tidak ada masalah, apakah kita berkata-kata dengan keras atau pelan, bahkan berbisik-bisik. Tidak ada orang lain yang merasa risi. Tetapi masalahnya menjadi lain apabila kita sedang bertemu dengan teman yang jumlahnya lebih dari dua orang. Misalnya kita bertemu bertiga, berempat atau lebih. Kalau ada dua orang saling berbisik bisa jadi salah seorang yang ditinggalkan merasa tidak nyaman atau bahkan tersinggung. Mengapa harus berbisik, apakah ada yang dirahasiakan isi pembicaraannya? Apakah dalam pertemuan ada pembicaraan menggunjing dan seterusnya. karena ada kemungkinan fitnah dan perasaan tidak nyaman. Kemudian rasul melarang pemicaraan rahasia apabila kita bertemu lebih dari dua orang.

Bagaimana sebaiknya mengadakan peremuan dengan teman yang jumlahnya lebih dari dua orang?

  1. buatlah perjanjian sebelum bertemu. Setiap orang pasti memiliki jadwal kegiatan yang beragam, kalau tidak dilakukan perjanjian kapan dan dimana tempat ketemuan, sangat mungkin teman kita tidak dapat hadir, karena memiliki jadwal acara sendiri.
  2. Agenda pertemuan. Disamping waktu dan tempat, sampaikan juga agenda yang akan dibahas, mengapa begitu? Kalau agenda acara sudah diketahui sebelumnya, teman kita bisa menyiapkan materi atau menyiapkan segala sesuatunya apabila dibutuhkan, dengan demikian pertemuan dengan mereka akan sangat kondusif dan produktif.
  3. hargailah waktu. Menghargai waktu sangat penting karena seminitpun sangat berarti. Semenit kalau dukumpulkan sebanyak 10 kali berarti 10 menit. Waktu sepuluh menit bisa digunakan bermacam macam, menghubungi rekan bisnis beberapa orang, atau membuat keputusan penting lainnya. Itulah yang disinggung Allah swt dalam surat Al Ashr, bahwa manusia dalam kerugian kecuali yang beramal saleh. Segeralah akhiri acara apabila agenda pertemuan sudah selesai, karena teman kita mempunyai agenda berikutnya.
  4. jangan melakukan pembicaraan rahasia dengan cara berbisik atau mengacak seorang saja dari mereka untuk berbicara empat mata, kecuali mereka yakin bahwa tidak ada deal yang berkaitan dengan menjelekkan teman.
  5. ciptakan suasana segar dan santai. Suasana santai penting untuk mencairkan situasi, terutama apabila kita bertemu dengan relasi yang sedang bernegosiasi tentang sesuatu yang cukup alot. Menciptakan suasana santai bisa juga diawali dengan pemilihan lokasi pertemuan yang representatif, misalnya restoran, rumah, villa dan tempat indah lainnya.
  6. jangan mengusir orang lain dari tempat duduknya kemudian kita gunakan, hal ini dilarang rasul sebagaimana hadistnya” Dari Imran Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Janganlah seseorang duduk mengusir orang lain dari tempat duduknya, kemudian ia duduk di tempat tersebut, namun berilah kelonggaran dan keluasan” Mutafaq Alai.

Semoga tausiyah ini bermanfaat, khususnya bagi diri saya sendiri, amin

Selamat mencoba,

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Tips yang bagus untuk dicoba. Semoga kita semua tidak menjadi orang yang menimbulkan resah pada orang lain. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: