TIPS MENGHEMAT LISTRIK

By : Jaiman

Akibat dari defisit energi listrik yang terjadi di negari kita, saat ini PLN melakukan pemadaman bergilir di hampir semua wilayah Indonesia. SKB tiga menteri diterbitkan untuk mengantisipasi krisis enegri listrik dalam negeri. Secara umum saat ini kita mengalami defisit energi listrik sebesar 20%-30%, sehingga untuk mengatasi masalah sementara dilakukan dengan cara ini.

Lepas dari permasalahan tersebut di atas, kita juga bertanggung jawab untuk menjaga pasokan listrik di tanah air, caranya sangat sederhana dengan menggunakan energi listrik secara bijaksana. Kita bisa memulainya sekarang dari rumah dan pola hidup kita sehari-hari. Berikut saya paparkan beberapa tips menghemat listrik yang paling sederhana.

Tips Menghemat listrik di rumah:

 

 

  • Jangan tinggalkan peralatan electronik anda dalam posisi stand by untuk waktu yang cukup lama. Dalam posisi stand by peralatan electronik masih mengkonsumsi listrik sampai dengan 3% dari kondisi on.
  • Cabut dari stop kontak peralatan electronik yang sudah tidak digunakan
  • Jangan over charging pada peralatan listrik yang menggunakan baterai rechargeable. Kalau kita melakukan recharge baterai hp jangan sampai over. Walaupun kecil kalau dilakukan oleh banyak orang pasti besar juga energi yang mubazir.
  • Manfaatkan penerangan ruang dari cahaya matahari. Siang hari ruangan bisa memanfaatkan cahaya matahari semaksimal mungkin.
  • Ganti lampu pijar dengan lampu TL (hemat energi) dan gunakan peralatan electronic yang hemat energi. Lampu hemat energi sudah banyak dijual di semua tempat, dan dengan mudah kita mendapatkannya.
  • Atur temparatur AC 2° lebih rendah dari suhu udara sekitar.
  • Defrost lemari es secara rutin, karena semakin tebal lapisan es, semakin besar konsumsi listriknya
  • Matikan lampu jika meninggalkan ruangan, atau pasang sensor auto on/off.
  • Tempelkan sticker yang berisi himbauan hemar listrik di dekat stop kontak, saklar dan alat elektronik anda.
 

 

Cukup mudah bukan? Mari kita mulai dari rumah dan sekitar kita. Ada juga lho keuntungan yang kita rasakan, yaitu bayar lebih murah.
Selamat mencoba.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: