Pakaian

Pakaian adalah unsur tata krama dan kesusilaan. Pakaian menjadi simbul keindahan. Pakaian menutupi aib dan malu.

 

Pakaian menjadi simbul bagaimana manusia bertatakrama dan menjunjung tinggi kesusilaan. Bagaimanapun cantiknya seorang wanita yang menampakkan kemolekan tubuhnya, tetap bernilai asusila sebagaimana prasyarat seorang manusia yang bermoral. Anda tidak akan membeli pisang tanpa kulitnya. Demikian pula dengan wanita terbaik yang anda harapkan. Secantik apapun parasnya, seindah apapun lekuk tubuhnya, kalau tidak dibungkus dengan pakaian yang baik, penilaian anda, dia bukan wanita yang menjaga kesopanan. Dia wanita asusila.

 

Pakaian anda juga menjadi simbul. Persepsi orang lain terhadap profile anda paling mudah diilai dari pakaian. Kalau pakaian kita baik, sopan dan indah, maka persepsi orang lain sama dengan yang dilihat. Sebaliknya apabila pakaian anda buruk dan tidak sopan, demikan pula dengan persepsi orang lain terhadap anda. Orang lain tidak suka melihat sesuai yang berlebihan. Orang lain juga tidak senang dengan kesombongan dari pakaian anda. Tuhan membenci perilaku berlebihan, karena menimbulkan murkaNya. Di dunia ini tidak ada yang pantas berperilaku sombong, kecuali Tuhan Yang Maha Perkasa.

 

Pakaian menutupi aib dan malu. Setiap manusia mempunyai masa lalu, setiap orang mempunyai cerita tidak menyenangkan dan aib. Jangan ceritakan kepada siapapun supaya aib ini hilang seperti awan yang tersapu angin atas kehendak Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang. Tubuh anda juga ada aibnya, tutuplah aib tersebut dengan cara yang baik. Gunakan pakaian secara normal dan sopan dan mengikuti sunatullah, niscaya manusia memberikan penghormatan atas upayamu. Tuhan juga menjaga dirimu dari aib dan malu. Biarlah hanya Tuhan yang memberikan balasan.

Paiton, 15 Juli 2008.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: